HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Kerajinan Permainan Tradisional Kolecer Di Bogor

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Wednesday, July 31, 2019 | 9:44 AM

Rumpin - Di musim kemarau seperti saat ini, intensitas hembusan angin di Kecamatan Rumpin begitu tinggi. Seperti halnya di Kampung Panongan RT 06/04, Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin ini. Untuk mengatasi ketegangan dan kekhawatiran bahaya angin tinggi masyarakat sekitar memanfaatkan dengan membuat permainan tradisional Kolecer.

Salah satu pengrajin kolecer, Herman mengatakan, saat ini masyarakat Rumpin sedang menggandrungi kolecer, kincir angin yang terbuat bambu atau kayu." Biasanya di buatkan tiang dipasang di atas pohon. Tergantung ukuran,” ujarnya.

Dijelaskannya, pembuatan kolecer bisa berlangsung antara satu hingga dua hari. Tergantung panjang dan lebarnya. Bahan bakunya yakni sejenis bambu bitung. Apalagi jenis kolecer yang terbuat dari kayu paling lama sekitar tiga hari, sebab harus menunggu kering terlebih dahulu.”Untuk cara bikinnya kan tidak gampang. Harus memperhatikan keseimbangan, lalu dijemur. Apalagi soal kolecer dari jenis kayu, harus bener-bener teliti cara membuatnya,” terangnya.

Sementara Sukri salah seorang pembeli asal Ciampea mengaku sering membeli kolecer hasil tangan dari Herman. Menurutnya selain untuk melihat besarnya tiupan angin juga mendengar dan melihat kolecer ada kebahagiaan tersendiri." Kolecer bukan hanya untuk menaksir kisaran angin tetapi kolecer sudah tradisi dari dahulu yang sudah jarang dan hampir punah, saya sangat senang dengan kolecer dari kecil hingga sampai sekarang walaupun saya sudah punya cucu 5 orang," urainya.
Share this article :

0 comments:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita