HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Dari Hoby Lomba Kini Jadi Bisnis Jual Burung

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Thursday, July 25, 2019 | 11:34 AM

Kemang - Bermula dari hobi mengikuti lomba burung kicau, Iwan terjun ke dunia bisnis. Dia buka kios burung Sangkar Jaya yang berada di Jalan Raya Kemang - Parung, Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor ini dengan omzet Rp 60 juta per bulan. Iwan awalnya adalah seorang pecinta burung biasa. Dia rajin mengikuti lomba burung kicau dari satu tempat ke tempat lainnya. Banyak kompetisi dia menangkan selama beberapa tahun ikut aneka lomba burung kicau. Hingga banyak orang tertarik membeli burungnya yang memenangkan lomba. 

Akhirnya di memutuskan untuk terjun dalam bisnis jual pakan burung dan burung, Awalnya, dia hanya menjual pakan burung kicau, mulai dari kroto, jangkrik, pur, dan sebagainya. Lambat laun dia tambah dagangan hingga akhirnya komplit. Dalam tiga bulan perkembangan kiosnya cukup bagus. 

Dari sejumlah keuntungan yang didapat selama tiga bulan, dia gunakan untuk menambah jenis dagangan. Tak hanya makanan burung, Arun kemudian menambah dengan kandang-kandang burung. " Secara estapet kita lengkapin dengan burung bahan yang sangat dicari oleh orang, semua burung kita utamakan burung yang bagus-dan yang cepat lakunya, tapi dengan harga yang Insyaallah masih terjangkau," jelas Iwan, Kamis (25/7).

Burung yang dia jual beragam, mulai dari cucak ijo hingga jalak suren. Kisaran harga burung yang dia jual juga terjangkau, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. " Allhamdulilah untuk omset kotor Rp 60 juta per bulan. "Rp 60 juta itu untuk kotor, tapi untuk bersihnya bisa Rp 30-40 juta per bulannya," ungkapnya.

Meski begitu, banyak suka duka yang dialami Iwan selama membuka kios burung kicau, mulai dari burung yang mati, kabur, hingga dicuri orang."Untuk menjaga konsumen terutama di sini dengan harga Insyaallah sangat terjangkau dan sangat murah lah, dan pelayanannya pun kita Insyaallah sopan, terutama sangat murah lah untuk menjaga konsumen biar nggak ke mana-mana, tetap ke sini," tambahnya pebisnis yang memperkerjakan beberapa orang karyawan ini.

Sosok Iwan membuktikan bahwa bisnis jual burung kicau menjadi mata pencaharian yang terbilang menjanjikan. Selama masih banyak komunitas kicau mania, bisnis tersebut tampaknya tidak akan padam.(Ingon).
Share this article :

0 comments:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita