HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Bupati Bogor Borong Ikan Cupang KPC Di Boling

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Thursday, July 25, 2019 | 2:21 AM



Kemang - Bupati Bogor Ade Yasin menyapa warga Kecamatan Kemang lewat agenda rutin Rebo Keliling (Boling) di GOR Perhubungan, Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Rabu (24/7). Dalam kesempatan itu, dirinya juga sempat membeli ikan cupang hasil budidaya anggota Koperasi Pembudidaya Cupang (KPC) Lebak Oca Mandiri Desa Semplak, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Ade Yasin tiba di lokasi acara disambut tari-tarian dan kesenian lain khas Kecamatan Kemang. Sebelum masuk ke GOR untuk mendengar aspirasi masyarakat, dirinya lebih dulu berkeliling melihatn stan-stan hasil kerajinan tangan, hasil olahan makanan hingga hasil alam yang dipajang di area Boling.

Dari sekian banyak stan, ada satu stan yang terbilang cukup unik karena jarang ditemui saat Boling di wilayah-wilayah lain. Stan itu memamerkan ikan cupang hias hasil budidaya (KPC) Lebak Oca Mandiri Desa Semplak.

Ade Yasin pun singgah di stan tersebut dan sempat melihat-lihat hasil budidaya sambil berbincang dengan anggota KPC Lebak Oca yang hadir. Usai itu, dirinya membeli 10 ikan cupang hias berbagai jenis hasil budidaya KPC Lebak Oca sebagai bentuk dukungan. Sebelum pamit, Ade Yasin menerima cenderamata berupa plakat berbentuk ikan cupang yang diserahkan langsung para pembudidaya." Ikan-ikannya bagus makanya kita support,” kata Ade Yasin.

Beberapa cupang hias yang dibawa pulang bupati memang menjadi primadona di kalangan pecinta ikan hias. Contohnya seperti blue rim, dumbo ear, galaksi, fancy dan lainnya.
Salah satu pengurus KPC Lebak Oca Pepi Robiansyah mengatakan, pemerintah daerah mulai melirik pembudidaya cupang di Bogor. Hal ini terbukti ketika mereka dberi stan untuk menampilkan hasil budidayanya saat acara Bogor Festival, belum lama ini.

“Alhamdulillah baru-baru ini mulai dilirik pemerintah. Awalnya waktu pameran di Bogor Fest kita ikut menampilkan cupang-cuoang hias hasil budidaya dan sekarang di acara Boling kami juga diberi ruang untuk menampilkan hasil budidaya,” kata Pepi saat ditemui di lokasi acara.

Dirinya berharap pemerintah daerah terus mendukung usaha pembudidaya cupang. Sebab, peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mandiri ini. Saat ini, para pembudidaya masih memiliki keterbatasan mulai dari alat-alat budidaya hingga pemasaran. KPC sendiri terus meningkatkat kualitas pembudidayanya lewat pelatihan-pelatihan.

“Untuk saat ini tempat untuk breeding (pengembangbiakan) masih pakai bak-bak, kita berharap ke depan ada fasilitas pendukung yang lebih lengkap. Cita-cita kami juga Bogor punya sentra pemasaran ikan cupang. Karena pasar ikan cupang ini sampai ke mancanegara. Kelompok kami pernah ngirim ke negara-negara Asia, Amerika bahkan Brazil,” tandasnya. (Igon).
Share this article :

0 comments:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita