HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Ikan Cupang Hias Bogor Hipnotis Penghobi Ikan Hias Dunia

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Sunday, May 26, 2019 | 4:09 PM

Cibinong - Dibulan Ramadhan penuh berkah ini, Forum Cupang Bogor (FCB) salah satu komunitas pembudidaya ikan cupang hias, melakukan kerjasama dengan Koperasi Pembudidaya Cupang (KPC) Lebak Oca Mandiri, Desa Semplak Barat, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Dengan tema 'FROM BOGOR TO THE WORLD' para penjual dan pecinta ikan cupang hias di Bogor ini, menggelar dialog terbuka untuk mengupas tuntas strategi pemasaran ikan cupang hias ke luar negeri, dan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan di Aula Dinas Perikanan dan Peternakan, Cibinong, Sabtu (25/05/2019). 

Indonesia negara kedua terbesar penghasil ikan hias kecil dengan berbagai jenis dan parian setelah Thailand. Hal itupun membuat FCB dan KPC melakukan dialog terbuka. Karena sudah bukan rahasia lagi jika penghobi ikan hias dari mancanegara sangat respek terhadap ikan hias indonesia yang salah satunya ikan cupang.” "Ini merupakan implementasi aspirasi antara masyarakat dilapangan dengan pemerinatah yang harus di sinergikan, sebagai pendokrak ekonomi kerakyatan diera milenial saat ini. Karena, yang unik dari ikan cupang hias para penjual khususnya di Bogor, melakukan penjualannya secara online," terang Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Hj Siti Farikah. 


Masih kata Farikah, dirinya melalui dinas yang di pimpinnya yang merupakan kepanjangan dari Pemerintah Kabupaten Bogor akan mendorong terus mendorong agar penjualan ikan cupang hias terus berkembang. “ Saya akan mendorong agar ikan cupang bisa berexpansi di pasar luar negeri, karene melihat eskotik dan ke indahan ikan ini saya rasa bukan hal yang tidak mungkin, salah satu langkah dengan penguatan dalam pemasaran melalui media online baik disosial media atau portal portal website penjualan ikan cupang hias," terangnya. 

Hal yang serupa pun dikatakan Owner dari JBG Transhipping Service yang sekaligus pemasilitas pengiriman ikan cupang hias dari Indonesia, ke berbagai Negara di Benua Asia, Australia, Amerika dan Eropa, Ir Joty Atmadjaja sangat setuju, dengan memanfaatkan media sosial untuk lebih kuat dalam proses pemasarannya."Alhamdulillah, layanan JBG Transhipping service kini sudah menjangkau lebih dari 50 negara, sehingga memudahkan penjual ikan cupang hias di Indonesia khususnya Bogor, tapi hal ini harus ditingkatkan untuk lebih baik lagi dalam pemasaran nya kedepan," ucapnya. 

Sementara itu, Yogi Fathulloh menyampaikan, bahwa acara ini tidak hanya dialog terbuka saja, melainkan santunan anak yatim piatu pun dilaksanakan, dan sekaligus buka puasa bersama, pada intinya acara ini agar dinas terkait dan Pemerintah Kabupaten Bogor tahu bahwa ikan cupang merupakan aset yang tidak kalah penting dengan jenis ikan lainnya. Serta melalui ikan cupang dapat membuka lapangan kerja baru bagi kaum muda.” "Semoga dengan dialog terbuka ini bisa lebih menduniakan Bogor dalam ikan cupang hias, supaya bisa menjadikan program ekonomi kreatif di masyarakat diera revolusi industri 4.0 ini," singkat Amink sapaan akrabnya yang merupakan pendiri Forum Cupang Bogor (FCB) sekaligus pencetus KPC Lebak Oca Mandiri.
Share this article :

0 comments:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita