HEADLINES NEWS :
REDAKSI

RSUD Utara Masih Menunggu Hingga 2020

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Friday, January 4, 2019 | 10:01 AM

Kabupaten Bogor - Mimpi masyarakat di wilayah utara Kabupaten Bogor memiliki fasilitas kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) nampaknya masih harus tertunda. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor baru akan memulai pembangunan pada tahun mendatang yakni 2020.

Bupati Bogor, Ade Yasin, mengaku masih banyak hal yang harus dipersiapkan dalam membangun rumah sakit, baik soal lahan hingga Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya. Apalagi tidak ada anggaran, baik pengadaan lahan atau pembangunan fisik. “Nggak bisa (di tahun ini, red). Nanti 2020 kita mulai.

Kan kendalanya masih ada, membangun rumah sakit harus dengan dokternya, susternya, bidannya dan pegawai kesehatan lainnya. Intinya, SDM harus disiapkan dan tidak bisa sebentar,” kata perempuan yang akrab disapa AY ini.

Soal lahan untuk pembangunan RSUD, sambung AY, pihaknya akan mencoba memanfaatkan lahan Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) agar pengeluaran anggaran tidak banyak. Sebab, tidak mengeluarkan biaya besar untuk pembebasan lahan. Adik kandung mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin itu bakal mencoba meminta anggaran pembangunan RSUD kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat hingga pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan fisik.

“Intinya RSUD di wilayah utara jadi prioritas pelayanan dasar masyarakat. Ini sudah kebutuhan, Insya Allah segera proses. Pada masa kepemimpinan saya harus terwujud, makanya sedang diupayakan dengan berbagai rencana,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Tri Wahyu Harini, menerangkan, dalam pembahasan APBD 2019 memang sempat dianggarkan untuk pembebasan lahan. Namun akhirnya tidak terwujud karena kebutuhan dana yang tinggi. ”Makanya diupayakan pakai tanah fasilitas sosial fasilitas umum (fasos fasum). Sudah ada kesepakatan dengan pihak ketiga. Lokasi juga masih di Desa Cogreg, Kecamatan Parung. Karena sesuai feasibility study (studi kelayakan) memang di situ,” kata dia. 

Share this article :

0 comments:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita