HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Jalan Yang Baru di Bangun Duit DD Tergerus Longsor.

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Tuesday, December 4, 2018 | 3:01 PM

Ciampea - Waspada bagi warga yang rumahnya berada di tebingan. Mengingat musim hujan mulai turun. Akibat hujan deras yang mengguyur Bogor beberapa Minggu terkahir ini membuat sebagian wilayah di Kabupaten Bogor mengalami retak tanah dan longsor. Kejadian longsor itu terjadi beberapa hari lalu di Kampung Sukajaya RT 03, RW 04, Desa Cicadas Kecamatan Ciampea, beruntung tidak ada korban jiwa saat kejadian longsor itu. Namun badan jalan tergerus longsor, sehingga jalan pun terputus tak bisa di lalui kendaraan.

"Saat itu hujan deras pada Kamis kemarin kejadian longsor jam empat sore panjang longsor 36 meter tinggi 5 meter, gak ada korban jiwa. Namun akses warga dua desa antar Desa Cicadas dan  Cibuntu terputus jalanya tergerus longsor,”kata Kepala Desa Cicadas, A Djaya, Selasa (4/11).

Djaya melanjutkan, jalan yang tergerus longsor itu padahal belum lama telah dilakukan hotmix dengan Duit  Dana Desa atau DD. Pihaknya pun sudah melaporkan hal itu ke pihak kecamatan."Sudah dilaporkan ke kecamatan Ciampea namun jawaban dari pihak kecamatan akan dilanjutkan ke dinas terkait di Kabupaten Bogor,"lanjut Djaya.

Dengan kejadian itu sebanyak 80 Kepala Keluarga di RT 03 Kampung Sukajaya terpaksa tak bisa melalui jalan itu. Pasalnya jalan yang tadinya lebarnya 2 meter tergerus longsor." Warga pun terpaksa memutar arah jika ingin ke Desa Cibuntu,"ujarnya.

Lebih jauh Djaya mengatakan, sepanjang jalan tersebut memang diatas tebingan. Saat itu tebingan sudah dibangun turap. Namun sisa 36 meter yang saat ini longsor itu memang belum diturap."Karena dana desa untuk bangun sepanjang 36 meter dan tinggi 5 meter tidak cukup. Anggaranya hampir 117 juta. Kami sudah mengajukan lewat aspirasi Bupati dan Dewan namun tak kunjung terealisasi mudah mudahan tahun 2019 bisa direalisasikan mengingat sangat bahaya,"ujarnya.

Dia menghimbau warga masyarakat Desa Cicadas yang berada di atas tebingan atau bawah tebingan. Jika turun huran lebat lebih baik mengungsi ke rumah sanak saudara atau tetangga." Lebih baik antisipasi dini untuk mencegah hal -hal yang tidak diinginkan,"pungkasnya.(Iwan Setiawan).

Share this article :

0 comments:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita