HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Dampak Galian Tambang Salah Siapa?

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Selasa, 27 November 2018 | 15.19

Rumpin - Usaha pertambangan di Kabupaten Bogor memiliki dampak besar yang ditimbulkan, mulai dari bencana alam hingga penyakit yang mengancam masyarakat menjadi dasar persoalan yang tak kunjung terselesaikan. Sebelum kewenangan pengawasan dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat, rupanya Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor terlebih dulu mengkomersilkan izin tambang ini.

Hasilnya kini Sumber Daya Alam (SDA) semakin tergerus dan banyak masyarakat yang dirugikan. Seperti yang dialami warga Parungpanjang, Rumpin dan sekitarnya. Ketua Umum Forum Reklamasi Hutan pada Lahan Bekas Tambang, Jefrrey Mulyono mengatakan, pada dasarnya tidak ada kegiatan tambang yang memuaskan secara abadi karena semua itu berdampak luas kepada masyarakat. Untuk persoalan penambang ilegal, menurutnya ini menjadi persoalan serius yang harus ditangani pemerintah.“Penambang itu harus orang yang mempunyai kapasitas bukan oleh masyarakat awam. Jangan hanya karena masyarakat pribumi yang dekat dengan pejabat daerah bisa seenaknya mendirikan usaha tambang. Ini harus dibenahi. Karena dampaknya sangat besar,” kritiknya.

Sementara itu, Bupati terpilih Kabupaten Bogor, Ade Yasin mengatakan, hingga saaat ini, usaha pertambangan cenderung melahirkan dampak negatif kepada masyarakat. Belum sepenuhnya galian tambang yang mensejahterakan. Bahkan perizinannya sudah ranah provinsi dan kedepan jangan mempermudah izin pertambangan dalam skala besar. Pemprov harus bisa membedakan pertambangan masyarakat dengan apa yang dikelola pengusaha besar itu.” Pemerintah harus membedakan hal itu. Kita ada untuk masyarakat, untuk kebutuhan hidupnya. Itu yang ditegaskan ke provinisi,” ungkapnya.

Kecamatan Rumpin kata dia, salah satu daerah terbesar pertambangannya di Kabupaten Bogor. Kini keberadaan penambang benar-benar menjadi persoalan serius. Pekerjaan rumah Pemprov Jabar saat ini adalah memberantas para pengusaha tambang ilegal. Persoalan tambang ilegal kini menjadi sebuah dilema besar. Entah siapa yang harus disalahkan, yang jelas kegiatan tersebut sampai saat ini sudah sangat mengkhawatirkan.” Kita berharap Pemprov Jabar tidak memberikan izin tambang di Kabupaten Bogor. Pendapatan kepada daerah tidak seberapa harus dibayar mahal dengan kerugian masyarakat. Apalagi yang tidak berizin yang sama sekali tak menguntungkan. Ini jelas harus dikontrol,” tukasnya.(Iwan).

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita