HEADLINES NEWS :
REDAKSI

PUBLIKASI KINERJA KECAMATAN TAJURHALANG TAHUN 2018

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Rabu, 22 Agustus 2018 | 13.21




PUBLIKASI KINERJA KECAMATAN TAJURHALANG 2018


PROFIL

Nama : Dra. Hj. NURHAYATI, M.Si.

NIP : 196608241988012001

Jabatan : CAMAT TAJURHALANG

Golongan : Pembina Tk.I/IV b



I. PENDAHULUAN


Wilayah Kecamatan Tajurhalang adalah hasil pemekaran dari Kecamatan Bojonggede yang lahir pada tahun 2005 dan mempunyai luas wilayah 3-002.255 Ha, dengan jumlah penduduk sebanyak 110.640 jiwa terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 55.727 jiwa, penduduk perempuan sebanyak 54.913 jiwa, Jumlah Desa yang ada di Kecamatan Tajurhalang sebanyak 7 (tujuh) Desa , 27 Dusun, 80 RW dan 369 RT. Adapun nama-nama desa yang berada di Kecamatan tajurhalang adalah Sbb :

1. Desa Tajaurhalang

2. Desa Citayam

3. Desa Sasakpanjang

4. Desa Nanggerang

5. Desa Sukmajaya

6. Desa Tonjong

7. Desa Kalisuren

Batas - batas wilayah Kecamatan Tajurhalang :

a. Sebelah Utara : Berbatasan dengan Kota Depok ;

b. Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kecamatan Kemang ;

c. Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kecamatan Bojonggede ;

d. Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kecamatan parung.



Sebagai Organisasi Perangkat Daerah, Kecamatan Tajurhalang dituntut untuk mampu berperan dalam rangka merespon dan menjabarkan kebijakan pembangunan daerah sebagaimana Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 27 Tahun 2008 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kabupaten Bogor Tahun 2005-2025 dan Peraturaan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 5 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menegah (RPJM) Daerah Kabupaten Bogor Tahun 2013-2018 guna mendukung Visi Kabupaten Bogor yaitu : KABUPATEN TERMAJU DI INDONESIA.



Sebagai bentuk dukungan terhadap Visi dan Misi Kabupaten Bogor tesebut Kecamatan Tajurhalang mempunyai Visi : “MENJADIKAN MASYARAKAT TAJURHALANG YANG MANDIRI, MAJU, BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA“ dengan Misi :

1. MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA DISELURUH SEKTOR PEMERINTAHAN

2. MENINGKATKAN KESALEHAN SOSIAL DALAM KEHIDUPAN KEMASYARAKATAN DI KECAMATAN TAJURHALANG

3. MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA PEMBANGUNAN SERTA MENCIPTKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT YANG MAJU

Visi dan Misi Kecamatan Tajurhalang tersebut melanjutkan penyempurnaan pelayanan di seluruh sektor baik yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan.


II. PELAKSANAAN KEGIATAN

Dalam pelaksanaan seluruh program dan kegiatan di Kecamatan Tajurhalang disesuaikan dengan Tupoksi dan kewenangan yang dilimpahkan kepada Camat dengan mempertimbangkan potensi wilayah, aspirasi dan partisipasi masyarakat di berbagai bidang.


A. BIDANG PEMERINTAHAN

1 Pembinaan Administrasi Pemerintahan Desa

Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 6 Tahun 2015 tentang Desa, telah dilaksanakan Pembinaan Desa se-Kecamatan Tajurhalang tahun 2018 oleh Tim Pembina Kecamatan, dengan maksud menata kembali pelaksanaan Administrasi Desa sehngga dapat bekerja baik dalam menyelenggarakan Pemerintahan Desa yang semakin luas dan efektif dengan tujuan adalah sebagai pedoman bagi Aparatur Pemerintahan Desa dalam melaksanakan Manajemen Pemerintahan Desa, Tata Kelola Keuangan Desa dan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.



2 Penyelenggaraan Rapat Minggon Kecamatan

Melaksanakan agenda rutin setiap hari Rabu yang dihadiri oleh Muspika, para Kepala UPT, Kepala Desa dan Perangkat Desa. Rapat Minggon ini dilaksanakan dalam rangka peyampaian informasi dua arah (interaktif), yang secara umum membahas pelaksanaan program kerja yang sudah dilaksanakan, yang sedang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan. Selanjutnya membahas permasalahan-permasalahan yang terjadi dilapangan dan berupaya untuk mencari solusinya agar setiap program berjalan dengan baik dan lancar.



3 Pembinaan Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa

Kegiatan ini dilaksanakan bermaksud untuk menata dan merencanakan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan digunakan dan dilakukan selama 1 (satu) tahun kedepan guna untuk membangun wilayah yang ada di Kecamatan Tajurhalang.


B. BIDANG PELAYANAN PUBLIK


1 Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)

Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan sebagai bentuk implementasi Peraturan Bupati Bogor Nomor 13 Tahun 2014 tentang Standar Operasional Prosedur Perizinan dan Non Perizinan pada Kecamatan, yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai perwujudan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

2 Penyelenggaraan Adminitrasi Kependudukan

Pelaksananaan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan telah dilaksanakan Perekaman E KTP sebanyak 72.000 Dari jumlah target wajib KTP 85.320. Adapun pelayanan administrasi kependudukan ini tidak hanya kami lakukan di Kecamatan tapi juga melakukan kegiatan perekaman Mobile E-KTP dari yang bertujuan untuk mencapai target perekaman dan jemput bola bagi orang sakit yang tidak mampu untuk menuju ke Kantor Kecamatan.


C. BIDANG PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (PKM)

1 Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ)

Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Tajurhalang telah dilaksanakan yang berlokasi di Desa Sukmajaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al’Qur’an, Meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah antar Desa se-Kecamatan Tajurhalang dan Melestarikan seni budaya Qur’ani. Adapun kegiatan perlombaan ini terdiri dari beberapa kategori, diantaranya :

a. Pawai Ta’aruf;

b. Tilawah Anak-anak, Remaja dan Dewasa;

c. Syarhil Qur’an;

d. Fahmil Qur’an; dan

e. Murothal Anak-anak (Tahfidz 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz).

Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini dikuti sebanyak 104 peserta dari seluruh Desa yang ada di Kecamatan Tajurhalang.



2 Peringatan Hari Besar Nasional/Daerah

Pada kegiatan ini telah dilaksanakan kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73 Tingkat Kecamatan Tajurhalang. Pada tahun ini penyelenggaraan Upacara HUT RI Ke-73 bertempat di Desa Citayam dihadiri oleh tamu undangan seperti unsur masyarakat, Sekolah, Muspika, MUI Tingkat Kecamatan Tajurhalang, Polsek, UPT dan yang lainnya. Upacara dilaksanakan dengan penuh hikmat sehingga upacara yang dilaksanakan dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Dalam memperingati HUT RI yang ke-73 ini masyarakat sekitarpun ikut antusias dalam meramaikan dan memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia seperti membuat berbagai macam seni yang mengangkat tema tentang perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan Republik Indonesia ini dan tentu saja ibu Camat Tajurhalang pun memberikan apresiasi atas apa yang telah dikerjakan dan memberikan hadiah untuk penampilan yang paling baik. Selain dari pada itu, Ibu Camat Tajurhalang yaitu Dra. Hj. Nurhayati, M.Si dalam sambutannya sebelum membacakan naskah pidato Bupati Bogor berpesan, agar kita sebagai warga masyarakat Kecamatan Tajurhalang turut ikut serta dalam membangun perkembangan wilayahnya masing-masing yang mana pada saat ini sedang dilaksanakan pembangunan infrastruktur seperti jalan dan kita sebagai warga masyarakat yang ada didalamnya harus turut serta menjaga agar keadaan infrastruktur jalan ini dapat terpelihara dengan baik dan Ibu Camat Tajurhalang mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, tamu undangan, para Kepala Desa atas terselenggaranya upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 di Desa Citayam.



D. BIDANG KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM



1 Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum

Peranan Seksi Keamanan dan Ketertiban Umum Kecamatan sangatlah penting dalam rangka menjaga dan menegakan Peaturan Daerah Kabupaten Bogor. Seiring dengan pesatnya pembangunan wilayah, maka Seksi Keamanan dan Ketertiban Umum pro aktif dalam pengawasan bangunan yang belum melaksanakan ketentuan yang berlaku (izin).



2 Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati

Guna menegakan Perda Nomor 8 Tahun 2006 Tentang Ketertiban Umum, Seksi Trantib Kecamatan Tajurhalang telah melaksanakan dan memberikan teguran terhadap bangunan-bangunan, tempat hiburan malam yang tidak memiliki izin di wilayah Kecamatan Tajurhalang guna meminimalisir gangguan dan ketertiban umum.



E. BIDANG PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN



1 Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan

Pelaksanaan Kegiatan musrenbang merupakan kegiatan yang rutin setiap tahun dilaksanakan, kegiatan ini bermaksud untuk menjaring segala aspirasi/usulan terhadap persoalan atau permasalahan baik dari segi infrastruktur, sarpras dan yang lainnya yang terjadi dilapangan.



2 Pembinaan dan Pengembangan Industri, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM)

Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kualitas di bidang Perekonomian serta Pertanian, Seksi Ekbang telah melaksanakan pembinaan terhadap kelompok UKM dan Gapoktan yang ada di wilayah Kecamatan Tajurhalang sehingga dapat meningkatkan mutu dan produk itu sendiri yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan, baik kelompok mapun anggotanya masing-masing. 

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita