HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Jelang Puasa, Pedagang Timun Suri Hiasi Jalan Raya Kemang - Parung

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Selasa, 15 Mei 2018 | 23.31

Kemang,potretbogornews - Tidak lengkap rasanya kalau bulan puasa tidak ada buah untuk berbuka. Makanya petani dan pedagang timun suri beberapa hari menjelang bulan puasa mulai bermunculan. Mereka berjejer di tepi jalan Raya Kemang - Parung.

Petani mulai memetik buah yang nama latinnya cucumis sativus dan termasuk varietas tanaman cucumber ini beberapa hari menjelang puasa. Buah yang tidak memiliki rasa, namun beraroma harum ini, sepintas dalam pikiran kalau buah itu hanya berproduksi di bulan ramadan saja.


“Timun suri sama juga dengan tanaman, jagung, mentimun dan ubi, kapan saja bisa. Soal musim kita yang ngatur,” cetus Rukman, 40, petani sekaligus pedagang timun suri di Desa Kemang, Kecamatan Kemang ditemui Selasa (15/5/2018).

Menurut dia, masa panen timun suri hanya dua bulan. “Tinggal hitung aja, bulan apa kita mulai tanam,” lanjut ayah tiga anak yang biasa menanam sayuran kangkung dan bayam.

Biasanya para petani timun suri ini mulai menanam tiga bulan sebelum Ramadhan. “Ini untuk jaga-jaga, takut gagal,”ungkap Warman petani lainnya..

Bentuk buah tanaman yang pohonnya menjalar ini ada yang sebesar pepaya Bangkok dan beratnya pun mencapai 5 kg. “Tetapi orang jarang yang mau beli seberat itu,” cetus Warja, yang mengaku sebelum menanam dia membuat galengan /tamggul berukuran 1 meter kali 50 meter jumlahnya tergantung luas lahan. “Sudah tiga musim puasa, udaranya panas terus,” lanjut Warman yang juga menjajakan timun suri di jalan Kemang Parung

Timun suri dapat berbuah setelah tanamannya berusia dua bulan dan itu pun hanya beberapa buah saja. “Orang menyebutnya buah percobaan dan setelah tiga bulan baru lancar, kemudian mati dengan sendirinya,” jelas Warman.

Modal yang dikeluarkan untuk 1 hektar tidak kurang dari Rp 500 ribu.”Itu hanya untuk membeli bibit dan pupuk dan ongkos pembuatan galengan/tanggul. “Kalau panen, 1 hektar bisa mencapai Rp 6 juta selama tiga bulan bersih,” cetus Warman.

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita