HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Kelurahan Muarasari Manfaatkan Lahan Kosong

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Kamis, 19 April 2018 | 08.21

Kota Bogor,potretbogor - Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan memanfaatkan lahan kosong di lingkungan kantor sebagai lahan garapan budidaya tanaman herbal, diantaranya sawi caisim, singkong, kacang kedelai dan jahe merah. Menurut Sekretaris Lurah Muarasari Dadun Suparman, kegiatan budidaya tersebut dilakukan ibu-ibu dari Kelompok Wanita Tani (KWT) warga kelurahan yang punya luas sekitar 154 hektar ini demi mengoptimalkan potensi daerah.


“Kantor kelurahan punya lahan kosong yang cukup luas. Yang kami manfaatkan sebagai tanaman budidaya sekitar 70 meteran. Sebagian besar baru ditanam, melalui KWT. Kedepan, kami berupaya menciptakan khas kelurahan Muarasari sebagai kampung budidaya herbal. Apalagi kondisi alam pun mendukung,” paparnya.

Menurutnya, yang paling potensial yakni tanaman jahe merah. Sebab, banyak kegunaan dan harga jual di pasar yang juga bersaing. Pihaknya juga dibantu pihak ketiga dalam memulai kegiatan budidaya tanaman herbal ini. “Masyarakat di sini sebagian masih di bidang pertanian dan perkebunan karena masih banyak lahan yah. Makanya tidak sulit memberdayakan masyarakat kepada bidang tanam-tanaman,” ucapnya.

Terpisah, Lurah Muarasari Rahmat Hidayat punya misi mewujudkan kelurahan yang mampumengoptimalkan potensi lokal dan sumber daya, baik alam maupun manusia, dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Serta menjadikan kelurahan yang mandiri, dan bisa mengatasi serta menangani permasalahan yang ada di wilayah. “Program KWT sejalan dengan itu. Struktur alam juga mendukung, masih banyak lahan. Ini upaya juga meningkatkan wawasan masyarakat, tentu sejalan juga dengan tingkat ekonomi,” tuntasnya.
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita