HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Jelang Ramadan Ade Yasin Bersama Warga Basuh Kedua Kaki Sang Ibu

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Minggu, 29 April 2018 | 12.34

Dramaga,potretbogornews - Menjelang bulan suci Ramadan 1439 Hijriah warga dari berbagai di Kecamatan Dramaga, Sabtu siang (28/4/2018), gelar ritual sungkeman dilapangam terbuka, Desa Ciherang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor diwarnai isak tangis antara orang tua dan anak. Tradisi tahunan ini digelar agar warisan budaya lama itu bisa dipertahankan. Hal itu pun diyakini warga untuk menghapus dosa terhadap orang tua.

Para peserta sungkeman nampak kusu saat melakukan sungkeman terutama saat membasuh kedua kaki sang ibu di atas Baskom. Suasan tangis harus pun pecah, termasuk Calon Bupati Bogor Ade Yasin meneteskan air mata saat membasuh kedua kaki ibunya sambil meminta restu untuk maju di liga pilkada 27 Juni 2018 mendatang.

"Jelang ramadan tradisi masyarakat , harus membersihkan diri, karena banyak dosa terutama ke orang tua ( Ibu) , sungkeman ini agar bisa khusus beribadah tidak emikirkan yang lain,"ujar Ade Yasin kepada Wartawan.

Ade mengaku tradisi sungkeman biasa dia lakulan tak hanya menjelang ramadan saja. Namun kata Ade menjelang puasa akan lebih baik. "Kebiasaan, menjaga peradaban, saya berharap tradisi ini terus berkembang di msyakarat, dah turun temurun,"Harap Ade Yasin.

Agus warga sekitar pun mengaku terharu ketika melakukan ritual sungkeman terhadap Ibu nya. "Terharu banyak dosa sama ibu, sata cuci kakinya sambil meminta maaf dari segala perbuatan yang membuat ibu saya kesal,"pungkasnya mengakhiri. (Tar)


Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita