HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Ronggolawe, Pendiri Majapahit yang Berakhir Mengenaskan

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Sabtu, 03 Maret 2018 | 15.53

Berbicara Kerajaan Majapahit, pasti teringat akan sepak terjang Raja Hayam Wuruk atau Patih Gajah Mada yang kisahnya melegenda. Namun, jauh sebelum itu ada salah satu sosok pilar penting dalam berdirinya kerajaan. Dia adalah Ronggolawe.

Kendati sebagai pendiri, namun namanya tidak begitu sepopuler Hayam Wuruk dan Gajah Mada, bahkan Ronggolawe kisah akhirnya dicap sebagai pemberontak kerajaan.

Ronggolawe (Sumber: lawe610.wordpress.com)
Sebagaimana dilansir suratkabar.id (14/02/2017), sebelum mendirikan Kerajaan Majapahit, Ronggolawe bersama Raden Wijaya merupakan pesuruh Kerajaan Kediri yang diutus untuk membuka sebuah hutan yang biasa digunakan raja Jayakatwang sebagai tempat berburu. Hutan inilah yang kemudian menjadi pusat Kerajaan Majapahit.

Proses berdirinya Majapahit tak semudah membalikan telapak tangan. Tentu yang pertama harus dilakukan adalah menggulingkan Kediri yang memiliki pasukan militer terkuat pada saat itu. Berkat tekad Ronggolawe yang gigih, dengan perjuangan yang berdarah-darah, Ronggolawe berhasil melululantahkan pasukan kerajaan Kediri, hingga mendirikan Kerajaan Majapahit sekaligus membawa Raden Wijaya duduk di tahta raja.

Sumber: suratkabar.id
Kehebatan Ronggolawe terletak pada siasatnya yang cerdik. Ketika menenggelamkan Kediri yang begitu kokoh, Ronggolawe menggunakan pasukan Tar-Tar yang pada saat itu menuntut balas atas kejadian tak menyenangkan di masa lalu. Dengan memanfaatkan pasukan Tar-Tar, Kediri pun runtuh. Lalu kemudian, setelah Kerajaan Majapahit berdiri, strategi selanjutnya dilancarkan, dan akhirnya pasukan Tar-Tar juga terusir dari tanah Jawa.

Sayangnya, perjuangan Ronggolawe yang begitu heroik tidak mendapat timbal balik yang baik dari Majapahit. Sejak awal Ronggolawe yang bercita-cita ingin menjadi patih kerajaan mendampingi Raden Wijaya sampai akhir hayat, tidak mendapatkan posisinya.

Justru Raden Wijaya malah mengangkat Nambi sebagai patihnya, yang padahal Nambi tak pernah memiliki jasa apa pun terhadap Majapahit. Hal inilah yang membuat Ronggolawe marah.

Ronggolawe menyampaikan memprotes keras terhadap keputusan Raden Wijaya tersebut. Protes yang disampaikan Ronggolawe menyinggung perasaan Raden Wijaya. Dia pun marah, sehingga akhirnya diputuskan jika pasukan Majapahit harus memberangusnya, di samping Ronggolawe memang sudah berniat untuk melakukan pemberontakan besar-besaran.

Setelah terjadi pertarungan mematikan, sosok pendiri Majapahit ini pun tewas di tangan pasukan dari kerajaan yang dibangunnya dengan susah payah itu. Tragedi inilah yang kemudian tercatat sebagai sejarah pemeberontakan pertama di Kerajaan Majapahit.

Demikian kisa Ronggolawe sang pendiri Kerajaan Majapahit yang akhirnya menjadi mengenaskan. Kendati demikian, Ronggolawe tetap dianggap sebagai pahlawan Majapahit.

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita