HEADLINES NEWS :
REDAKSI
Home »

Nama Indonesia ditemukan oleh James Richardson Logan dan George Samuel Windson Earl.

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Minggu, 18 Maret 2018 | 01.18


www.potretbogotnews.com

Indonesia berdiri menjadi sebuah negara melalui rentetan sejarah yang begitu panjang. Meski telah 71 tahun merdeka, ternyata masih banyak misteri dan sejarah yang belum terungkap ataupun hanya diketahui segelintir orang.

Sejarah nama Indonesia ditemukan oleh James Richardson Logan dan George Samuel Windson Earl. Saat itu Earl mengusulkan nama Indonesia dalam tulisannya berjudul "Journal of The Indian Archipelago and Eastern Asia" volume IV tahun 1850.
Sebelum bernama Indonesia, Earl memilih nama Malayunesia karena sangat tepat untuk ras melayu. Namun, Logan memilih untuk memakai nama Indunesia karena nama itu lebih sinonim untuk Indian Island atau Indian Archipelago.

Akhirnya nama Indunesia dipilih untuk menamai negara yang diapit benua Asia dan benua Australia tersebut. Namun, huruf 'U' diganti huruf 'O' sehingga menjadi Indonesia.
Nama Indonesia berasal dari bahasa Yunani, 'Indo' dan 'Nesie' yang artinya kepulauan Hindia. Segelintir orang malah mengenal Indonesia dengan sebutan Nusantara. Kata Nusantara berasal dari bahasa Jawa Kuno, yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti hubungan. Jadi Nusantara adalah rangkaian pulau-pulau. **Lip6

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita