HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Menelisik Produksi Pala Q, Yang Jadi 'Buah Tangan'SBY Saat Ke Ciampea

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Sabtu, 31 Maret 2018 | 21.41

Dramaga, www.potretbogornews.com - Jatuh bangun dalam memproduksi Pala -Q (palaqu) adalah cerita yang menemani Widia Ningsih pemilik UMKM minuman yang diolah dari buah Pala. Meskipun tertatih-tatih dalam memproduksi inovasi minuman botol dari sari pala. Akhirnya kini hasil produksinya itu tiap bulan mencapai 8000 botol siap jual.

"Usaha ini sudah saya geluti sejak tiga tahun yang lalu. Meski tidak mulus dalam memproduksi pala q ini. Tapi, alhamdulliah sekarang produksi sudah banyak dan pemasaran pun sudah sampai Depok, jakarta dan Bogor itu sendiri. Ini berkat kesabaran dalam merintis UKM Pala Q"tutur Widi di Lokasi Produksi Pala Q di Kampung Cilobang Kaler RT 02, RW 01, Desa Sukadamai, Kecamatan Dramaga. Sabtu (31/3).

Dia menjelaskan untuk komposisi dalam pembuatan Pala-Q ini, yang utama tentu buah pala itu sendiri, gula dan air."Untuk buah pala nya setelah di Cuci bersih setelah itu langsung di rebus dan yang di ambil itu sari pala itu setelah di rebus selama 2 jam. Setelah itu di tiriskan lalu di masukan kedalam botol betukuran 300 mili,"jelasnya.

"Untuk ijin produksi dan uji lab kita di jamin teruji. Dan pala q ini memiliki banyak manfaat; meremajakan kulit, menambah stamina, dan mencegah reumatik,"ujarnya.

Masih kata Widi, untuk harga per botolnya di jual 5000 rupiah dengan jumlah satu paknya 12 botol.

"Jadi kalau beli satu pak itu 5000 X 12 botol total uangnya jadi 60 ribu satu paknya,"bebernya.

Pala - Q juga kata Widi menjadi salah satu hasil UKM yang dijadikan oleh-oleh untuk mantan Presiden RI ke enam yakni Susilo Bambang Yudhoyono saat mengujungi Ciampea Bogor dalam rangka SBY Tour de Jabar beberapa waktu lalu.

Sementara itu Anggota DPRD Jawa Barat saat berkunjung ke rumah Produksi Pala Q ini berjanji akan membantu untuk perkembangan dan kemajuan UMKM yang ada di Dramaga khususnya dan Umumnya di Wilayah Kabupaten Bogor."Kebetulan UMKM ada di Komisi saya komisi 2 tentu ini akan lebih mudah untuk mendorong segala UMKM yang ada di Kabupaten Bogor, termasuk UKM Palaku ini,"pungkasnya

Jurnalis : Ahtar Rendra

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita