HEADLINES NEWS :
REDAKSI
Home »

Lanud Ats Buka "Mata" tuk Melihat Indahnya Dunia

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Rabu, 14 Maret 2018 | 22.53

Kemang | potretbogotNews.com

Adanya data nasional yang menunjukan  seiring dengan laju angka kebutaan 1,5 persen dari jumlah penduduk Indonesia kini hampir 4 juta penduduk Indonesia mengalami kebutaan, sebagian besar itu disebabkan oleh katarak.

Padahal katarak sendiri segogyagnya dapat disembuhkan melalui operasi. Namun operasi katarak masih minim dilakukan karena beberapa sebab;hambatan ekonomi, jarak untuk menuju layanan operasi katarak, keterbatasan jumlah dokter mata yang ada masih minim.

Dengan semangat itu, Danlanud Atang Sendjaja dalam rangka bulan Dirgantara 2018 dan HUT TNI Ke 72 serta untuk menekan angka kebutaan akibat katarak, bekerjasama dengan Perdami, dan BCA melaksanakan program pemeriksaan dan operasi katarak gratis dengan tema buka mata dan mari  melihat indahnya dunia  bagi seluruh masyarakat dibogor dan sekitarnya di RS M Hasan Toto di Komplek Lanud Ats, Kecamatan Kemang.

"Mata merupakan organ tubuh paling penting karena jika mengalami masalah tentu akan mengganggu penggelihatan, sebagai wujud kepedulian kami terhadap kondisi kesehatan mayarakat agar terhidar dari dampak katarak yang lebih besar, maka diadakan operasi katarak secara gratis,"ucap Danlanud Ats Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, Rabu (14/3).

Ayuningtyas SpM  Sekertaris SPBK ( Seksi Penanggulangan Buta Katarak),  yang juga tergabung Persatua  dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) mengatakan  katarak adalah pemicu kebutaan yang sebenarnya bisa di atasi.

"Di seluruh dunia ada 253 juta lagi yang mengalamai gangguan mata,  untuk di Indonesia  Sekitar 1,5 persen mengalami kebutaan akibat katarak, bekerja sama dengan TNI dan BCA Sejak 2001 alhamdullilah sudah beberapa orang diselamatkan dari kebutaan sampai daerah terpencil,"ujarnya.

Sementara itu Kepala RS M Hassan Toto dr Ngurdianto Sp mengatakan untuk pasien yang mengikuti operasi ini
Jumlah ada105 orang, sedangkan yang bisa di operasi 85 orang,  mereka berasal dari Bogor, Ciamis, dan Cianjur

"Untuk usia paling tua 80 tahun, mereka hari ini dilakukan operasi sebelah mata dulu, dan dari 105 itu ada sebagian yang tidak di operasi karena ada beberapa sebab penyakit, darah tinggi dan ada juga yang buka  katarak. Jadi mereka tidak bisa di operasi hari ini, yang bisa di operasi setelah pemeriksaan jumlahnya ada 85 pasien, mereka pun diberikan akomodasi dan berobat lanjutan gratis "ujarnya.

Lebih jauh dia pun menyebutkan penyebab katarak itu dikarenakan cairan putih yang menutup lensa, sehingga cahaya yang datang dari luar itu tidak bisa menembus syaraf.

"Itu karena penyakit ketuan dan penyakit penyakit lain,".katanya.

Dengan adanya operasi katarak ini di bulan Dirgantara HUT TNI AU ke 72  Lanud Ats akan terus selalu memberikan kenyaman terhadap masyarakat.

"Apalagi TNI sekarang bukan selalu perang tapi juga bisa melindungi dan memberikan kenyamanan salah satunya dengan program kita hari ini,"katanya. Akhtar Rendra

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita