HEADLINES NEWS :
REDAKSI

PUBLIKASI KINERJA KECAMATAN RANCABUNGUR 2018

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Sabtu, 24 Maret 2018 | 11.18

KECAMATAN RANCABUNGUR MILIKI KAMPUNG KB


Kecamatan yang kini di pimpin oleh Cecep Imam Nagarasid,SE, M.si kini sudah membentuk kampung KB yang bernama Kampung KB Mawar berlokasi di Desa Rancabungur. Keberadaan Kampung KB di Wilayah tersebut di harapkan menjadi barometer mewujudkan keluarga yang sejahtera.


LATAR BELAKANG

Amanat Presiden Republik Indonesia, kepada BKKBN agar dapat menyusun suatu kegiatan/program yang dapat memperkuat upaya pencapaian target/sasaran pembangunan bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana 2015-2019, kegiatan tersebut dapat menjadi ikon BKKBN serta dapat secara langsung bersentuhan dan memberikanmanfaat kepada masyarakat indonesia diseluruh tingkatan wilayah. Dalam hal ini kemudian disepakati agar BKKBN segera dapat membentuk kampung keluarga berencana (Kampung KB). 


Kampung KB merupakan salah satu kegiatan prioritas yang sesuai dengan instruksi Presiden RI, terutama sebagai investasi program KB yang manfaat nya dapat secara langsung diterima oleh masyarakat. Untuk itu segera dilakukan langkah koordinasi lintas sektor, terutama dlm integrasi kegiatan yg akan dilaksanakan di kampung KB. 

Kampung KB Desa Rancabungur dibuat tanggal 01-06-2017, untuk kelanjutan nya BKKBN bekerja samadengan kementrian dan lembaga terkait harus segera menindaklanjuti pengembangan kampung KB dengan sinergitas kegiatan di dalam nya. Diharapkan pada tahun 2016 ini disetiap kabupaten/kota harus membentuk dan mencanangkan kampung KB minimal 1 (satu) kampung KB. 


Kampung KB Desa Rancabungur dibuat tanggal 01-06-2017, untuk kelanjutan nya BKKBN bekerja samadengan kementrian dan lembaga terkait harus segera menindaklanjuti pengembangan kampung KB dengan sinergitas kegiatan di dalam nya. Diharapkan pada tahun 2016 ini disetiap kabupaten/kota harus membentuk dan mencanangkan kampung KB minimal 1 (satu) kampung KB. 

PENGERTIAN KAMPUNG KB

Satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu mempunyai perencanaan, pelaksanaan dalam tata kehidupan untuk membangun kebersamaan, silih asah asih dan asuh dalam bingkai program KKBPK secara sistemik yang diintegrasikan dengan sektor-sektor lainkhususnya untuk melaksanakan fungsi-fungsi keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga yang sejahtera yang terbebas dari kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan. 
TUJUAN KAMPUNG KB
Meningkatkan kualitas hidup keluargadan masyarakat melalui program pembangunan diawali dengan program KKBPK yang terintegritas dengan sektor pembangunan lain nya, dalam rangka mengentaskan kemiskinan.

SASARAN KAMPUNG KB
SASARAN LANGSUNG

Keluarga Pasangan usia subur Masyarakat Balita, remaja, lansia SASARAN TIDAK LANGSUNG Tokoh-tokoh masyarakat Organisasi masyarakat (PPKBD, sub PPKBD, DKM, karang taruna, dsb. Petugas lapangan dan provider 
KRITERIA PEMBENTUKAN KAMPUNG KB
KRITERIA SASARAN UTAMA

Jumlah keluarga miskin di atas rata-ratatingkat desa dimana kampung tersebut berada Jumlah peserta KB lebih rendah dari rata-rata tingkat desa dimana kampung tersebut berlokasi KRITERIA WILAYAH (PILIHAN SESUAI KONDISI) Kumuh Pesisir/nelayan Daerah aliran sungai (DAS) Kawasan miskin (termasuk miskin perkotaan) Terpencil Wilayah perbatasan Kawasan industri Kawasan wisata Tingkat kepadatan penduduk tinggi 

PERANAN ATAU PUNGSI PENGURUS KAMPUNG KB

Penanggung Jawab : KADES Rancabungur (Sumantri, Skm, Msi) Penasehat :1. Ernawati, Sip (PKB) 2. Yulianingsih, STr. KEB (ketua TP PKK Desa) Ketua : Ida Farida Bendahara : Anah Sekretaris : Nengsih 

8 SEKSI DI KAMPUNG KB

Seksi keagamaan : Syahla Ulfatul Rohmah Seksi sosialisasi/pendidikan : Dian Seksi reproduksi : Aam Seksi ekonomi : Ella Seksi perlindungan : Mimi Seksi kasih sayang : Santi Seksi sosial budaya : Salmah Seksi pembina lingkungan : Yuhaeni Untuk lebih jelasnya bisa di lihat dilokasi fokus.
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita