HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Budaya Gotong Royong Jadi Kekuatan Pemdes Susukan

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Senin, 18 Desember 2017 | 16.41

Gotong Royong sebagai kekuatan yang luar biasa. Baik dimasa lalu maupun sekarang, dengan budaya gotong royong saya membangun desa. Karena budaya ini sebagai warisan leluhur yang harus di pertahankan karena sangat agung dan terbukti banyak manfaat di dalam gotong royong," kalimat tersebut muncul dari mulut Irfan Syahrizal.

Seiring banyaknya bantuan yang turun ke desa baik dari pemerintah pusat melalui Kementrian Desa yang disebut Dana Desa (DD) maupun bantuan Pemerintah Kabupaten dan Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi para Kepala Desa bebas berkreasi, maka agar kualitas pembangunan sesuai harapan Kepala Desa  Desa Susukan Irfan Syahrizal, Kecamatan Bojonggede dalam melaksanakan realisasi bantuan yang turun ke desanya selalu terjun langsung sebagai komando. 

" Hal yang saya lakukan saat di wilayah saya sedang mengadakan realisasi pembangunan saya selalu ikut terlibat langsung. Karena berbaur dengan warga saya dapat memahami keinginan mereka dan apa yang kurang untuk dijadikan acuan menjadi lebih baik kedepannya. Karena pelayanan yang terbaik adalah dengan ikut dengan warga dalam kondisi apapun. Intinya saya memiliki tanggung jawab untuk melestarikan budaya gotong royong sebagai penciri dan budaya bangsa," terang Kades Susukan, Irfan Syahrizal kepada Potret Bogor, Senin (18/12).

Masih kata Irfan, melalui bantuan yang sekarang langsung ke desa sangat membantu kami dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur. Salah satu contoh Dana dari DD sangat luar biasa manfaatnya untuk membangun jalan lingkungan (Jalin) dan Jalan Desa (JalDes) sehingga jalan yang tadinya masih tanah dengan DD berubah jadi mulus." Dukungan warga dalam realisasi dilapangan sangat membantu Pemdes dalam melaksanakannya. Maka saya berterima kasih kepada pemerintah yang telah menggulirkan dana kepada kami, dan saya meminta terus dukungan dari warga agar saya dan pemdes terus bisa bersumbangsih dalam pembangunan dalam semua aspek," tandas Kades.

Keterlibatan langsung Kades Susukan dalam memberi komando dan arahan saat pembangunan di benarkan oleh Pendamping Desa Narwi, menurutnya keberadaan kades yang berinteraksi langsung dengan warga sangat positif, karena dapat melecut semangat warga dalam menyumbangkan tenaga bahkan sebagian harta dalam pembangunan. Apalagi yang saya lihat ada hubungan yang harmonis antara Pemdes dengan semua elemen masyarakat terutama dengan LPM dan Babinsa serta Babinkamtibmas." Saya senang jadi Pendamping desa ini karena saya selalu dilibatkan dengan semua kegiatan yang sudah jadi program pemdes. Yang saya bangga budaya gotong royong masih kental di desa ini sehingga pemdes dan warga dapat bekerja sama dalam membangun wilayah," terangnya.

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | redaksi.potretbogornews3@gmail.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2010 - 2018. Iwan S Pamungkas. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita