HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Satpol PP Kabupaten Bogor Bongkar Paksa 168 Bangli Di Bojonggede

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Kamis, 30 November 2017 | 14.19


Bojonggede - Sebanyak 168 bangunan kios dan rumah tinggal yang berdiri di sepanjang Jalan Raya Bojonggede, Kabupaten Bogor, dibongkar petugas. Di antara ratusan bangunan yang dibongkar, terdapat dua klinik pengobatan dan praktik dokter 24 jam. Pembongkaran tersebut dilakukan setelah sebelumnya diberikan Surat Peringatan (SP) satu sampai SP tiga.

Kabid Pembinaan dan Pemeriksaan pada Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridhaullah mengatakan ratusan bangunan yang dibongkar tersebut merupakan bangunan yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). " Ada 168 bangunan yang dibongkar hari ini. Unitnya adalah kios, rumah tinggal, klinik, dan praktik dokter 24 jam. Semua dibongkar karena tidak memiliki IMB," kata Agus Ridho kepada Jurnal Bogor di lokasi pembongkaran, Kamis (30/11).

Masih kata Agus, Satpol PP melakukan pembongkaran sudah sesuai prosedur, karena sebelum dilakukan pembongkaran pihaknya memberikan SP satu Samapi SP tiga, dan juga para pemilik selain melanggar Garis Sepandan Jalan (GSj) juga tak bisa menunjukan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)." Kita lakukan pembongkaran ini sudah sesuai prosedur. Prosesnya mulai peringatan sampai pemasangan segel sudah dilakukan. Artinya, sebenarnya sudah ada kesempatan bagi penghuni rumah dan kios mengamankan barang-barangnya, ada waktu kemarin," tambah Agus.

Eksekusi bangunan tanpa IMB ini bukan tanpa perlawanan. Protes dilakukan oleh warga yang bernama Amelia,  karena sudah menghuni rumah lebih dari 20 tahun dan merasa memiliki surat-surat yang sah atas bangunan yang ditempati. Namun proses eksekusi rumah akhirnya tetap dilakukan. Amelia, yang di rumahnya memiliki usaha katering, hanya bisa menangis melihat rumah yang ditempatinya  diratakan dengan tanah." Kami punya surat-surat yang sah. Kami punya akta jual-beli, ada sertifikat, kenapa dibongkar? Pengajuan IMB kita sudah lakukan, kenapa tetap dibongkar?," kata salah seorang warga Amelia di hadapan para petugas Satpol PP. 

Pantauan Potret Bogor di lokasi, proses pembongkaran dilakukan menggunakan satu unit alat berat dengan kawalan ratusan petugas gabungan Satpol PP, TNI, dan polisi. Proses pembongkaran juga mengakibatkan kemacetan parah di sepanjang Jalan Raya Bojonggede. Petugas gabungan juga menutup arus selama proses pembongkaran berjalan.

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita