HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Sambut 2018, BI Keluarkan 4 Kebijakan Makroprudensial

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Rabu, 29 November 2017 | 10.53

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah menentukan arah kebijakan makroprudensial untuk 2018 guna menghadapi segala situasi yang bakal terjadi. Dengan demikian, BI siap menangkal setiap kebijakan asing yang mempengaruhi stabilitas sistem keuangan Indonesia.

Gubernur BI Agus Martowardojo setidaknya menyebutkan empat poin terkait kebijakan makroprudensial BI. Pertama mengenai peningkatan resilience sistem keuangan di sisi likuiditas. Implementasinya, BI akan mengeluarkan makroprudensial liquidity buffer.
"Kita masih fokus pada peningkatan resilience sistem keuangan. Pertama dari sisi likuiditas karena di tahun depan, sistem likuiditas bakal lebih menantang. Untuk itu diperkirakan BI akan mengeluarkan kebijakan makroprudensial berbasis likuiditas, buffer likuiditas," kata Agus dalam Pertemuan Tahunan BI di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

BI juga bakal meningkatkan intermediasi. Dalam hal ini, BI akan mengeluarkan rasio intermediasi perbankan dan penyempurnaan LTV (loan to value). Untuk itu, BI akan mengkaji LTV secara targeted."Arah kebijakan makroprudensial likuiditas akan ditempuh untuk meningkatkan intermediasi. Hal ini seperti rasio intermediasi makroprudensial. Di samping juga penyempurnaan LTV," ujar Agus.
Selanjutnya, kebijakan BI terkait UMKM. Dia akan diselaraskan dengan mandat yang ada di BI yaitu pada stabilisasi harga melalui program klaster, kewirausahaan, dan penegasan kembali komitmen perbankan untuk penyediaan kredit UMKM sebesar 20%.

Sementara terkait ekonomi syariah, BI berkomitmen untuk terus mengembangkan ekonomi syariah berdasarkan 3 pilar utama, antaranya penciptaan instrumen keuangan syariah, pemberdayaan ekonomi syariah, penguatan riset assessment dan edukasi.

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita