HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Tradisi dan Budaya Jadi Bagian Sedekah Bumi

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Jumat, 06 Oktober 2017 | 14.35

Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta, warga Desa Kemang, Kecamatan Kemang, menggelar sedekah bumi. Kegiatan tersebut yang sudah menjadi tradisi dengan dimeriahkan seni Pencak Silat sebagai budaya dan kearifan lokal yang ada di masyarakat Kemang sejak dahulu kala.

Uniknya selain selamatan juga digelar pertunjukan pencak silat. Adapun tempat penyelenggaraan pesta untuk warga desa ini digelar di halaman Karuhun Eyang Kiara, Kampung Kemang Kiara, Desa Kemang, Kecamatan Kemang. Sehingga jika ada pesta rakyat atau Sedekah Bumi tempat ini menjadi ramai dengan datangnya para pedagang yang menjual berbagai makanan, minuman dan juga mainan untuk anak-anak.

Kepala Desa Kemang H.Entang Suana mengatakan, sedekah bumi merupakan manifestasi rasa syukur masyarakat Desa Kemang terhadap berkah yang mereka terima. Dan tradisi ini sudah lama ada yang menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat." Sedekah bumi ini tradisi yang sudah dilakukan rutin oleh masyarakat setempat setiap tahun. Ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas berkah dan rejeki yang diberikan oleh Allah,” papar Kades yang juga Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bogor.

Entang menambahkan kegiatan tersebut sekaligus untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dan untuk meningkatkan kerukunan dan keharmonisan antarwarga yang selama ini telah terjalin. Pagelaran wayang kulit dan rebana serta tidak ceramah keagamaan juga diberikan kepada masyarakat.' Selain Pencak Silat ada juga kesenian tanjidor. Ini untuk hiburan masyarakat dan sekaligus untuk melestarikan kebudayaan lokal kita," tukasnya.

Sementara salah seorang tokoh masyarakat H.Soma berharap, dengan sedekah bumi ini, bisa menjadikan warga Kemang menjadi lebih bersyukur atas berkah dan nikmat dari Allah. Selain itu warga diberi kemudahan untuk segala aktivitasnya. “Melalui sedekah bumi saya berharap masyarakat menjadi lebih bersyukur atas berkah yang diterima,” ujarnya.

Laporan : ISP

Share this article :

1 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda :

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita