HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Pondok Pesantren Tertua di Rumpin

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Rabu, 25 Oktober 2017 | 22.13





RUMPIN-- Mengintip cerita Pondok Pesantren Raudlatusysyafi'iyah Pondok Pesantren    tertua di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor,  yang berdiri sekitar tahun 1920 di dirikan   KH Abah Syuhari, di Kampung Temanggungan Rt 03/03, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin.


Pondok pesatren yang berdiri pada saat awal berkembangnya islam di wilayah Rumpin ini dahulunya berdiri dipingiran kali cisadane. Karena sering terhempasnya oleh air kali Cisade saat banjir, akhirnya pondok Pesantren  itu dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

Seperti yang dikemukankkan penerus pengasuh pondok Pesantren Raudlatusysyafi'iyah Ust Abdulah Abdul Mubti bahwa pada masa itu pondok pesantren yang dibuat dari ayaman bambu ini berada di pingiran kali Cisade.


"Namun untuk keyamanan dan kemana  para santri akhirnya pondok pesantren ini direlokasi. Dulunya ini panggung terbuat dari bambu dan bilik. Ini berdiri dari tahun 1920 yang mendirikanya KH Abah syuhari, sekarang saya yang melanjutkan mengurus para santri ini semenjak beliau wafat," katanya kepada PotretBogor baru baru ini.

Namun yang masih memiliki ciri dari bangunan ponpes itu kata Ust Abdulah Abdul Muhti hanya bangunan kulah yang digunakan untuk berwudu.


" meskipun sudah di renovasi bagunan itu masih memiliki ciri kulah yang masih ada untuk tempat berwudu,"terangnya.

Ia berharap pondok pesantren ini terus melahirkan para santri yang mampu meyebarkan ajaran islam dijaman era globalisasi ini.

"Mudah mudahn pesantren ini tetap diminati para  santri yang ingin mondok di ponpes ini dan mampu menciptakan Kiayi kondang," pungkasnya.(oz)





Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita