HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Jejak Sang Proklamator Ada Di Gunung Munara

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Selasa, 03 Oktober 2017 | 11.21

Laporan : Iwan S Pamungkas

Gunung Munara begitu orang menyebutnya. Disebut Munara karena masyarakat setempat percaya bahwa bukit ini adalah masjid yang terdapat sebuah batu yang bentuknya seperti menara masjid. Menurut keyakinan masyarakat setempat, Batu Adzan atau Menara Masjid ini tempat Sultan Maulana Hasanuddin dari Banten mengumandangkan Adzan. 

Di Indonesia, banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang menjadi petilasan atau tempat yang pernah disinggahi oleh para pemimpin bangsa ini.Di Kabupaten bogor, tepatnya di kampung sawah Rumpin, terdapat satu tempat bernama gunung Munara yang menurut cerita sesepuh di sekitarnya, pada zaman dahulu pernah menjadi petilasan Bapak Pendiri Negara Indonesia yakni Soekarno.

Warga setempat yang juga penjaga dari Gunung Munara Jajat menuturkan, Bung Karno pernah singgah di salah satu Gua yang ada di Gunung Munara ini, Yang terletak di dekat pos keamanan untuk pendakian." Cerita bahwa Bung Karno pernah sinngah ke gunung ini diceritakan oleh orang tua secara turun temurun, " terangnya lelaki yang merupakan kuncen Gunung Munara Kepada Jurnal Bogor, Minggu (1/10).

Lanjut Jajat, Untuk masuk ke gua tersebut cukup sulit karena ukurannya yang kecil, sehingga kita harus jongkok untuk bisa masuk ke dalam gua tersebut. Tetapi saat kita masuk, ternyata di bagian dalam gua cukup luas untukbeberapa orang didalamnya." Saat masuk memang sempit tapi jika sudah didalam lumayan luas bisa untuk 5 orang dewasa, " tambahnya. 

Hal yang sama diungkapkan oleh salah seorang pemandu di Gunung Munara Dimas. Menurutnya, Gunung Munara juga ternyata menjadi petilasan Sultan Maulana Hasanudin yang merupakan Raja Banten pernah singgah di Gunung Munara untuk  bermunajat." Dari cerita orang dulu (leluhur), sang Sultan melakukan hal tersebut pada saat sedang melakukan perjalanan pulang dari Cirebon menuju ke Banten.

Sultan Maulana Hasanudin lanjut Dimas, melakukan munajat disalah satu batu yang ada di atas gunung Munara. Bahkan konon di gunung ini juga terdapat tapak bekas tongkat milik Sultan Maulana Hasanudin. Maka sekarangpun banyak para peziarah yang datang ke gunung ini karena mendapat wangsit untuk singgah ke Gunung Munara ini sebelum melakukan perjalanan ke Banten. Tapi sungguh sayang pengelolaanya belum maksimal dan sekarang hanya dikelola oleh desa setempat, " pungkasnya. 

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita