HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Caturwulan Sering Lambat Jadi Ilham Ternak Ayam Staf Desa

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Selasa, 03 Oktober 2017 | 10.59


Kemang - Bekerja sebagai staf desa merupakan pekerjaan pengabdian kepada masyarakat. Karena staf desa jauh dari gelimangan penghasilan, bahkan gaji pun sebagai upah dari status pegawai hanya bisa diterima tiga bulan sekali itupun jika tak terlambat. Hal ini menjadikan inspirasi salah seorang staf Desa Semplak Barat, Kecamatan Kemang.

Muhammad Raka menjadikan lahan kosong dirumahnya untuk beternak ayam kampung. Ayam salah satu unggas yang pangsa pasarnya tak pernah sepi maka hal tersebut yang menjadi latar belakangnya."  Ternak ayam kampung dirasa sangat mudah tidak butuh tanah yang luas. Yang terpenting pembuatan kandang yang nyaman harus jadi hal utama gunanya agar para ayam tidak mudah stres sehingga berujung mati. Selain itu kandang harus dibersihkan minimal dua Minggu sekali," papar pria yang akrab dipanggil Raka kepada Potret Bogor.

Raka menerangkan, selain untuk menambah penghasilan saat menunggu gaji per tiga bulan. Dia berharap rekan - rekan sesama staf Desa ikut jejaknya dikarenakan ayam kampung bernilai ekonomi tinggi dari daging, telur dan kotorannya laku dijual. Berternak ayam kampung tadinya untuk mengisi waktu namun hasilnya lumayan maka kini jadi usaha sampingan yang menghasilkan." Saya kewalahan menerima pesanan ayam karena ayam hasil ternak saya masih terbatas. Untuk usaha ini jangnkan ayam dan telurnya, kotorannya pun banyak yang nyari untuk pupuk," paparnya.

Harapan Raka semoga usaha yang digelutinya dapat jadi informasi yang lain. Terutama para rekan dan para anak muda di desanya. Karena mengurus ayam tidak selalu tiap waktu tapi cukup pagi dan sore saja, jadi tidak akan mengganggu pekerjaan dirinya selaku pelayan masyarakat." Kedepan saya ingin mengembangkan usaha ini dengan menggandeng para tetangga dan pemuda. Karena kian banyaknya rumah makan yang menyajikan daging ayam kampung sebagai menu utama, maka ini peluang,' tandasnya.

Sementara Kepala Desa Semplak Barat Abdurahman sangat salut atas upaya yang dilakukan oleh anak buahnya dalam mencari tambahan penghasilan. Dia berharap staf yang lain mencontoh usaha Raka." Usaha yang dia lakukan selama ini tidak mempengaruhi tugasnya di Desa. Dan semoga ini jadi contoh bagi yang lain bahwa asal ada kemauan maka akan ada jalan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat," terang Kades.Iwan S Pamungkas

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita