HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Warga Rumpin Keluhkan Galian Tambang

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Senin, 18 September 2017 | 16.41

Warga Rumpin Keluhkan Galian Tambang

Rumpin - Sejumlah aktifitas galian liar seperti pasir, tanah,  teras maupun batu di wilayah Kecamatan Rumpin terlihat kembali marak. Hal inipun kembali membuat sebagian warga resah. Meski di sisi lain ada sebagian warga yang ikut menikmati hasil usaha  ilegal tersebut namun disisi lain jika dibiarkan terus akan merusak

Sebagian warga yang resah tersebut merasa khawatir karena jika dibiarkan, aktifitas galian liar akan merusak ekosistem alam. Belum lagi potensi dampak lainnya seperti bencana longsor dan sebagainya. “Contoh nyata galian liar yang ada di Kali Cipinang yang merupakan sub DAS Kali Cisadane,“ ujar Ahmad, warga Kecamatan Rumpin kepada Jurnal Bogor.

Menurutnya saat ditemui Jurnal Bogor, galian pasir di bibir Kali Cipinang sudah dilakukan sejak lama. Padahal sebelumnya warga sekitar sudah melakukan protes adanya galian tersebut. Protes warga dilakukan karena aliran Kali Cipinang menjadi terhambat dan tercemari oleh adanya aktifitas galian tersebut. “Aliran kali Cipinang dihilirnya banyak digunakan warga untuk mencuci dan mandi. Tapi dengan adanya galian liar itu telah membuat air kali menjadi kotor karena tercemar,“ ujarnya.

Hal senada diungkapkan Rahman salah seorang warga setempat, dirinya menyayangkan kurang tegasnya satpol PP terutama satpol pp kecamatan. " seharusnya ada keberanian pemerintah terutama Satpol PP untuk menindak pelaku galian liar. “Kondisi saat ini warga juga terpecah karena sudah ada beberapa warga yang terkena bujuk rayu dan dipekerjakan di galian tersebut dan jika dibiarkan terus beroperasi, galian pasir liar bisa mengakibatkan longsor karena Kali Cipinang sering meluap saat hujan deras maka kami minta Satpol PP Kabupaten atau Satpol PP Kecamatan Rumpin segera menutup galian liar ini.“ tandasnya.

 Sementara hingga berita ini dibuat, belum berhasil mendapat konfirmasi pemilik galian ataupun pihak pemerintah Kecamatan Rumpin.
Sementara itu dari pantauan Jurnal Bogor dibeberapa wilayah Kecamatan Rumpin memang masih ada beberapa tambang liar yang tetap beroperasi. Berdasarkan Perda No 19 tahun 2008 tentang RT/RW Kabupaten Bogor, memang ada 14 kawasan kecamatan yang telah ditetapkan sebagai kawasan tambang termasuk galian. Begitu juga di wilayah utara Kabupaten Bogor diantaranya Kecamatan Tenjo, Parungpanjang dan Rumpin. Namun sudah tentu galian tambang yang dimaksud adalah yang memiliki ijin alias bukan tambang liar.

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita