HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Pemerintah Kecamatan Kemang Sosialisasikan Pilkades

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Selasa, 29 November 2016 | 11.35

Kemang - Pemilihan kepala desa  yang akan serentak dilakukan pada bulan Maret 2017 mendatang memerlukan berbagai persiapan dan tahapan yang harus diketahui oleh semua warga desa dan masyarakat di Kecamatan Kemang yang terutama dua desa yang akan menggelar pilkades yaitu Desa Tegal dan Desa Bojong maka Plt Camat Kemang bersama pemerintah Kecamatan lakukan sosialisasi kaitan tahan dan tata cara pilkades yang di laksanakan di aula kantor kecamatan, Selasa (29/11).

Dalam arahannya, Plt Camat Kemang Ujang Sugandi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dilaksanakannya acara Sosialisasi Pemilihan Pambakal secara serentak ini." kegiatan sosialisasi ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan informasi dan memantapkan kesiapan terhadap penyelenggara Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Bogor, agar pelaksanaannya berjalan lancar, aman dan kondusif.
Selain itu, juga untuk menyamakan persepsi dan memantapkan pemahaman kepada peserta tentang peraturan yang mengatur pelaksanaan Pemilihan kades secara serentak

Ia menjelaskan, pemilihan kepala desa merupakan proses pergantian kekuasaan. Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, dimana jabatan Kepala Desa diatur masa jabatannya dan ketika berakhir masa jabatannya, harus ada proses pergantian kekuasaan yang lazim disebut dengan Pemilihan Kepala Desa," papar Ujang Sygandi yang menjabat juga sebagi Kabag Tapem.

Ujang mengingatkan, Kades terpilih memiliki tugas yang berat, yaitu untuk membangun desanya agar semakin maju dan berkembang."  Satu hal yang penting diperhatikan Pambakal dan aparat desa yaitu tentang pengelolaan dana desa, yang merupakan realisasi dari UU No 6 Tahun 2014, sehingga alokasi yang sudah dikucurkan pemerintah dapat dikelola secara baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pambakal harus bisa mengelola dana desa yang diberikan untuk pembangunan desa," tandasnya.

Sementara Eman Sekretaris Kecamatan menambahkan tahapan pemilihan kepala desa ini bisa diketahui oleh masyarakat dan dapat dilakukan dengan baik. “Jangan sampai terjadi kericuhan sehingga memacu konflik dan membuat keamanan tidak kondusif karena pemilihan kepala desa sebagai momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi," ujar Eman.

Eman juga menerangkan bahwa, masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa sesuai kebutuhan masyarakat, kepala desa sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan desa diharapkan menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang adil, makmur, sejahtera lahir dan batin," pungkasnya.( Iwan S P/Firman)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita