HEADLINES NEWS :
REDAKSI

ADA APA PERHUTANI BOGOR DENGAN PT.PPE (BUMD) ??

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Sabtu, 28 Mei 2016 | 15.03

ADA APA PERHUTANI BOGOR
Dengan
PT. PPE (BUMD) DAN PT.WIKA (BUMN)?

Usaha penambangan yang diduga ilegal di kawasan Gn. Bolang RPH Cigudeg sudah lama terjadi. Kegiatan penambangan ini  diduga  dilakukan tanpa seizin dari menteri kehutanan. Dua perusahaan plat merah, yakni PT. PPE (BUMD) dan PT. WIKA (BUMN) secara terang-terangan mengklaem membeli puluhan hektar tanah dari biong tanah tak bertanggung jawab serta mengelola kawasan lindung ini menjadi penambangan ilegal demi meraup keuntungan sebesar-besarnya.
Perhutani Kabupaten Bogor yang memiliki wewenang untuk menyelenggarakan perencanaan, pengurusan dan perlindungan hutan di wilayah kawasan Gn. Bolang RPH Cigudeg seolah tutup mata.

Perhutani Bogor juga terkesan takut untuk menghadapi dua perusahaan plat merah tersebut. Sungguh sangat disayangkan Perhutani Kabupaten Bogor dinilai lemah dalam menjalankan tugasnya.

Berbeda dengan rakyat kecil yang ketahuan merambah, mengelola atau merusak hutan. Perhutani tidak segan menindak tegas pelaku bahkan tidak sedikit yang masuk penjara. Kegiatan ini mengingatkan kita pada peristiwa seorang nenek miskin bernama Asyani yang dituduh mencuri tujuh batang kayu Perhutani dan berakibat nenek yang renta itu terancam tuntutan hukum dan berujung menghirup udara dalam penjara.

Berdasarkan Undang undang Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan dan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan memberikan kewenangan terhadap Perhutani Kabupaten Bogor untuk melindungi, memelihara, menjaga kelestarian hutan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dalam kasus ini, PT. PPE (BUMD) dan PT. WIKA (BUMN) perusahaan plat merah ini terus melakukan kegiatan eksploitasi atau perusakan di kawasan hutan yang dilindungi oleh negara.

Hal ini patut dicurigai dan perlu diselidiki, sebenarnya ada negoisiasi apa antara pihak Perhutani Bogor dengan PT.  Prayoga Pertambangan dan Energi Kabupaten Bogor (PT. PPE BUMD)  dan PT. Wijaya Karya (BUMN)? Mengingat Bisnis Pertambangan sangat menjanjikan untuk  merauk keuntungan yang cukup besar sehingga kedua perusahaan plat merah tersebut menghalalkan segala cara untuk memperlancar bisnisnya, termasuk mengabaikan, membiarkan dan dengan sengaja melakukan aktifitas yang bertentangan atau diduga melanggar ketentuan/Undang-Undang antara lain:

Undang-Undang RI Nomor 32 thn 2009 tentang pengelolaan Lingkungan Hidup
Undang-Undang RI Nomor 41 thn 1999 tentang kehutanan
Undang-Undang RI Nomor 18 thn 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan
Undang-Undang RI Nomor 31 thn 1999 tentang pemberantasan korupsi, sebagaimana yang telah diubah dengan Undang-Undang RI. Nomor 20 tahun 2001.

LSM WACANA dalam kewenangan  sebagai sosial kontrol telah melayangkan surat resmi kepada Perhutani Bogor dengan mempertanyakan tindakan apa yang sudah dilakukan Perhutani Bogor terhadap dua perusahaan plat merah tersebut, dengan surat Nomor; 08/Set-GB/LSM-KB/V/2016, tertanggal 11 Mei 2016.

Selain itu, LSM WACANA juga mempertanyakan Pernyataan Dirut PT. Prayoga Pertambangan dan Energi Kabupaten Bogor dalam sambutan acara pengresmian dan peluncuran Quarry di Cibitung Kecamatan Cigudeng, dihadapan Bupati Bogor,Muspida, Tokoh masyarakat  Kabupaten Bogor Alim Ulama yang hadir dalam acara tersebut bahwa dalam pernyataanya Dirut PT. PPE  mengklaem telah membeli dan memiliki puluhan hektar lahan dalam area tersebut, maka kami akan mendesak aparat penegak hukum untuk  segera mengusut  menelusuri keabsahan surat surat kepemilikan lahan dimaksud.

Lembaga Swadaya Masyarakat “Wawasan Citra Nusantara” (LSM WACANA) merasa peduli  terhadap kelestarian hutan di Kabupaten Bogor,maka kami mendukung dan mendesak Perhutani Bogor untuk segera melaporkan dua perusahaan plat merah tersebut kepada aparat penegak hukum, agar perusakan hutan di kawasan tersebut segera dihentikan.



Bogor 24  Mei 2016
LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT
WAWASAN CITRA NUSANTARA

Ketua




MUNIR DJALIL, SH.
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita