HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Prakarsa Dari BPMPD Kab.bogor Kini Bumdes Desa Cilebut Barat Jadi Refrensi Desa Lain

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Sabtu, 12 Maret 2016 | 16.24

Kab.Bogor,potretbogornews.com - Keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja kabupaten Bogor, menjadi contoh berbagai pemerintahan Desa baik di Kabupaten Bogor maupun di tingkat Nasional, terbukti dengan banyaknya pemerintahan Desa maupun para SKPD yang berasal dari Provinsi lain yang datang untuk belajar banyak tentang Pengelolaan serta penerapan usaha yang bersentuhan langsung ke masyarakat. 

Pepep Sekretaris Camat Sukaraja membenarkan kaitan banyaknya tim studi banding dari provinsi lain.” Memang banyak pemerintah desa maupun kabupaten yang belajar kepada Desa Cilebut, seperti pada tahun 2015 lalu desa itu kedatangan tamu dari Pemerintah Kabupaten Bangka barat yang belajar tentang pengelolaan BUMDes.” Terang Pepep Kepada potretbogornews.com pada Jumat (11/03/2016).



Lanjut Pepep, selain tim studi banding dari Kabupaten Bangka Barat, ada lagi kunjungan dari Aceh dan Sulawesi Selatan, hal ini sesuatu yang bagus mungkin ada yang bisa di ambil dari kabupaten Bogor untuk Bangka Belitung khususnya kabupaten Bangka Barat dan juga ada yang bisa di ambil dari Kabupaten Bangka Barat untuk Kabupaten Bogor, intinya saling sharing.” Terang Pepep.



Menurut Pepep, BUMDES Desa Cilebut Barat Memang luar biasa bisa sebagai contoh untuk yang lain, Bumdes itu bermacam macam kebetulan di sini Bumdesnya Penitipan Kendaraan Bermotor. Ini menjadi Acuan bagi yang lain jangan kan untuk level Provinsi lain tetapi juga termasuk untuk dilingkungan kecamatan Sukaraja. maka, disetiap pertemuan di kecamatan sering disarankan, mengimbau untuk 13 Desa di kecamatan Sukaraja agar semua Desa mempunyai BUMDES sesuai potensi garapan masing masing Desa.

"Saya bisa bantu mungkin bisa mendatangkan fasilitator dari BPMPD Kabupaten Bogor bagaimana tata cara pembentukan dan format - formatnya termasuk legalitasnya akan kita bantu". tutur Pepep Hamdi, menurutnya, memang sudah ada beberapa BUMDES dikecamatan Sukaraja mungkin belum semua, tetapi mereka sudah mulai merancang."tahun ini ini kita target semua desa miliki Bumdes karena Bumdes harus dilegalisir oleh badan Hukum". katanya.

Sementara Muhadi selaku kepala desa mengungkapkan keberhasilan BUMDes tak lepas campur tangan serta bimbingan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor.” Usaha milik desa yang sangat besar dari jasa penitipan motor, karena letak kantor desa kami yang dekat dengan stasiun Cilebut dan keberhasilan kami tidak lepas dari bantuan semua pihak, baik Pemerintah Kecamatan ataupun Kabupaten melalui intansi terkait yang Nota bene adalah BPMPD, saya secara pribadi dan atas nama masyarakat ucapkan terima kasih kepada BPMPD Kabupaten Bogor. (Iwan)

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita