HEADLINES NEWS :
REDAKSI

50 Pasang Pengantin Nikah Masal

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Jumat, 09 Oktober 2015 | 11.39

Kemang - Puluhan pasangan suami istri (pasutri) yang sudah berusia lanjut asal dua Desa, yaitu, Desa Pabuaran dan Desa Kemang, Kecamatan Kemang, mengikuti sidang isbat nikah di Lapangan putsal SMP Negri 2 Kemang, Jumat (9/10/2015). Pasutri kakek nenek ini mengikuti sidang ini untuk memperoleh buku nikah, karena sejak menikah puluhan tahun lalu mereka belum memiliki buku nikah.

Sidang isbat nikah itu dilaksanakan, Muspika, KUA, MUI, Kejari Kabupaten Bogor, Kemenag Kabupaten, bekerja sama pemerintah kecamatan. Sidang menghadirkan empat hakim dan empat panitera.
Panitia menyiapkan meja dan kursi seperti di pengadilan. Lalu, hakim memanggil satu persatu pasutri serta para saksi. Jumlah pasutri yang ikut sidang isbat, kemarin, 50 pasangan dari dua desa. Umumnya sudah berusia lanjut atau sudah kakek nenek.

Koordinator H Soma yang juga sebagai tokoh masyarakat Kemang, mengatakan, sejak beberapa bulan lalu pihaknya membentuk jaringan ke desa-desa untuk memfasilitasi pasutri yang belum punya buku nikah, untuk mengikuti sidang isbat.

"Masih banyak yang mau daftar tapi sudah ditutup dengan jumlah 50 pasang, saya berharap kedepanya akan diadakan lagi sidang isbat ini, untuk mengurangi angka nikah dibawah tangan," ujarnya kepada potretbogornews.com di lokasi.

Sementara Camat Kemang, Wahyu Hadi Setiono mengatakan, di Kecamatan Kemang, ada sekitar 370 pasutri yang sudah lama menikah tapi belum ada buku nikah. “Ada yang menikah tahun 1975 sampai sekarang belum ada buku nikah, atau buku nikah hilang, serta ada juga yang nikah di bawah tangan,” kata Wahyu.

Pemkab Bogor akan terus mendata pasutri yang belum punya buku nikah, untuk kemudian diterbitkan buku nikah setelah melalui sidang isbat. Bagi pasutri yang belum punya buku nikah, dapat mengajukan permohonan ke Mahkamah Syariah. Disdukcapil akan memfasilitasinya untuk mengikuti isbat nikah. Ini juga bagian untuk membantu warga kurang mampu.
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita