HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Ribuan Angkot Di Kota Bogor Belum KIR

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Rabu, 24 Juni 2015 | 19.56

Kota Bogor,potretbogornews.com - Ribuan angkutan kota (Angkot) di Kota Bogor diketahui belum melakukan Uji Kelayakan Kendaraan (KIR). Hal itu dikarenakan kurangnya tingkat kesadaran dari pemilik angkot untuk menguji kendaraannya secara berkala setiap 6 bulan.


Anwar Sulaeman selaku Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor pada DLLAJ Kota Bogor mengatakan, dari data Januari lalu ada sebanyak 1.800 angkot yang belum melakukan KIR. Sampai akhir bulan ini tercatat masih ada sebanyak 1.200 angkot yang belum melakukan KIR dari total angkot yang ada di Kota Bogor sebanyak 3.400 angkot.

"Penurunan angka ini dikarenakan sudah adanya kesadaran dari para pemilik angkot, selain DLLAJ rutinnya melaksanakan operasi angkot," papar Anwar, Selasa (23/6).

Dia menjelaskan, bagi angkot yang tidak melakukan KIR secara berkala setiap 6 bulan sekali, pihak DLLAJ akan memberikan sanksi berupa denda sesuai dengan Perda 4/2012 tentang Retribusi Jasa Umum. "Untuk satu periode itu dikenakan denda sebesar Rp40 ribu," ungkapnya.

Menurutnya, layak beroperasinya suatu angkot tidak selalu diukur dari kendaraan itu keluaran terbaru, sangat tergantung dari perawatan kendaraan tersebut. "Banyak kendaraan tahun tua yang masih layak operasi, begitu pula sebaliknya, itu semua tergantung dari perawatan, bukan dari baru atau lamanya angkot itu keluar," sebutnya.

Pengujian KIR angkot sendiri, terang dia, meliputi standar kelayakan kendaraan beroperasi. Misalnya, mulai dari pengecekan rangka dan bodi kendaraan, ban dan lainnya. "Jika tidak memenuhi standar, kita akan tangguhkan sampai satu minggu dan diberikan surat upkiran. Setelah diperbaiki, barulah diujikan kembali," pungkasnya.(Erik)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita