HEADLINES NEWS :
REDAKSI

LPM Desa Tegal Tidak Di Libatkan Dalam Program RTLH

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Minggu, 28 Juni 2015 | 16.58

Kemang,potretbogornews.com - Pembangunan rumah tidak layak huni (RLTH) di Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor tidak melibatkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di desa tersebut.

“Saya tak tahu harus menjawab apa jika ditanya soal program RTLH, karena selama program pembangunan bantuan dari pemerintah ini berjalan, saya tidak pernah dilibatkan oleh kepala desa,” ungkap Adung Ketua LPM Desa Tegal kepada potretogornews.om, Sabtu (27/6/2015).

Sebagai ketua LPM, lanjut Adung, justeru dirinya sering dipusingkan dengan banyaknya pertanyaan dari warga, LSM dan awak media yang meminta keterangan kaitan pelaksanaan program tersebut.

“Bukan hanya dari warga, akan tetapi saya juga sering didesak oleh LSM dan wartawan soal RTLH. Mungkin karena memang secara aturan yang bertanggung jawab dalam pembangunan ini adalah saya, jadi mau tak mau saya harus jawab kondisi sebenarnya,kalau saya tidak pernah dilibatkan,” ungkapnya.

Masih kata Adung, dirinya telah berulang kali menanyakan terhadap kepala desa maupun staf desa. Namun tak pernah ditanggapi.“Karena tak pernah difungsikan itulah akhirnya saya biarkan. Saat memerlukan tanda tangan dan stempel LPM saja, baru ada perwakilan desa yang dateng ke rumah saya.” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegal, Elismayanti, ketika dikonfirmasi tak pernah memberikan respon. Bahkan Kades sulit ditemui dan sulit dihubungi melalui telpon selulernya.

Terpisah, Kasubag program BPMPD Kabupaten Bogor Evi menjelaskan secara aturan memang pengendali pembangunan rutilahu sepenuhnya ada ditangan LPM, sehingga tanggung jawab laporan pun nanti semua ada di LPM.“Namun jika persoalan tidak dilibatkannya pengurus LPM itu benar terjadi, LPM bisa melakukan laporan komplain ke BPD Tegal,” katanya.

Selanjutnya, tambah Evi. Pihak BPD harus memberikan surat teguran resmi terhadap Kepala Desa.“Jika teguran tidak digubris, baru pihak BPD Tegal memberikan laporan tembusan ke BPMPD Kabupaten Bogor,“ pungkasnya.(Jamil)
 
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita