HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Dedy Mizwar Akan Polisikan Perusak Portal

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Selasa, 09 Juni 2015 | 00.18

Cibinong,potretbogornews.com - Meski pemasangan portal di daerah pertambangan pasir, batu dan tanah masih menimbulkan pro kontra di kalangan warga dan pengusaha tambang setempat, tak membuat Wakil Gubernur Jabar Dedy Mizwar bergeming. Dia malah berjanji mempolisikan siapa saja yang kelak akan merusak portal tersebut.

“Pemrov Jabar akan menindak tegas, jika portal yang sedang kita bangun itu dirusak. Kami tak mau portal yang pernah dibangun Pemkab Bogor 2012 lalu di kawasan itu terulang lagi dirusak massa. Kami juga menindak semua galian tambang liar, bahkan yang berizin, tapi pembuangan limbahnya tidak baik, akan kami evaluasi,” tegas Wagub Jabar usai menghadiri Hari Keluarga Nasional ke-12 di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin (9/06)

Penegasan Dedy Mizwar disebabkan sejumlah titik jalan di Kecamatan Parung Panjang, Cigudeg, dan Kecamatan Gunung Sindur bakal diportal. Kawasan ini dikenal sebagi daerah pertambangan terbesar di Bogor, saking padatnya armada tambang yang hilur mudik membuat jalan-jalan di kawasn rusak parah.

Menurutnya, salah satu upaya meminimalisasi pengusaha tambang yang nakal, pemprov memasang portal agar truk tambang tidak dapat melewati jalan-jalan tersebut sekaligus mendata perusahaan tambang yang beroperasi di kawasan itu. “Jalan-jalan di kawasan itu hancur, berulangkali diperbaiki, tapi kembali rusak. Sedangkan pengusaha tambangnya disinyair banyak liar sehingga merugikan negara selain tak mendapat retribusi juga merusak ekosistem,” katanya.

Selama dua hari memantau kawasan ini pada Oktber 2014 lalu, Dedy Mizwar mendapatkan data 199 perusahaan tambang beroperasi di kawasn ini. Dari jumlah itu, hanya setengahnya yang berizin, sedangkan truk tonase yang melintasi 2.000-an unit sehari,” katanya.

Kepala Desa Parung Panjang, Kecamatan Parung Panjang Nina Kurniasih setuju dengan ketegasan Wagub Jabar yang melakukan pemortalan. “Kami dukung, sebab pemortalan itu akan menjaga ketahanan infrastruktur dan lingkungan ekosistem,” cetusnya.

Disingung masih ada pro dan kontra dari warga, pemilik dan awak truk serta pengusaha tambang, dia hanya mengatakan, setiap kebijakan tidak melulu dapat bikin senang semua orang. “Yang penting tujuannya membuat jalan lebuh mulus, tidak berdebu dan lingkungan tidak rusak,” ujarnya. (iwan)

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita