HEADLINES NEWS :
REDAKSI

7.923 Bus AKAP Disiapkan Angkut Pemudik Lebaran

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Senin, 29 Juni 2015 | 10.06

Jakarta,potretbogornews.com - Pebanyak 7.923 bus Antar Kota Antas Propinsi (AKAP) disiapkan untuk pemudik Lebaran tahun ini. Mereka diangkut dari 12 terminal yang tersebar di wilayah ibukota.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Emmanuel Kristanto mengatakan, ke-12 terminal itu terdiri dari tiga terminal utama dan sembilan terminal bantuan. Untuk tiga terminal utama yaitu Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Pulogadung.

Sedangkan sembilan terminal bantuan, kata Emmanuel, di antaranya Terminal Tanjung Priok, Pinang Ranti, Rawamangun, dan Pulogebang. “Kita juga siapkan 10 pool bus untuk mengantisipasi terjadi penumpukan penumpang di terminal,” ungkap ,” ujar Emmanuel Kristanto, Minggu (28/6).

Untuk armada sendiri Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta menyiapkan 7.923 bus reguler untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran tahun ini. Dengan rincian 2.469 bus AKAP DKI yang berasal dari 41 erusahaan Otobus (PO).  dan 5.454 unit bus AKAP Non DKI. “Sebanyak 5.454 bus AKAP Non DKI ‎disediakan Direktorat Jenderal Angkutan Darat (Ditjendat).

Persiapan armada mudik juga dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon yang telah sebanyak 540 unit bus reguler untuk mengangkut pemudik ke sejumlah kota di Pulau Jawa. Jumlah itu belum termasuk 120 unit kendaraan bus lainnya yang akan disiagakan sebagai cadangan.

“Total keseluruhan terdapat sekitar 660 bus, berbagai rute dan jurusan. 120 unit bus d iantaranya sengaja kita persiapkan bila terjadi lonjakan penumpang,” ungkap Kepala Dishub Cilegon Dana Sujaksani.

“Uji kesiapan kendaraan akan kita lakukan sebelum H-15 Lebaran. Untuk uji tes urine juga nanti akan kita gelar bekerjasama dengan Dinkes Cilegon. Semua kita periksa mulai dari kesiapan kendaraan bus sampai sopirnya sendiri,” imbuhnya
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita