HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Program RTLH Bergulir Banyak Oknum Berkeliaran

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Minggu, 31 Mei 2015 | 20.10

 
Rumpin,potretbogornews.com - Program rumah tidak layak huni (rutilahu) atau RTLH mulai kembali digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, salah satunya di wilayah Kecamatan Rumpin. Hal tersebut dibenarkan Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasi Ekbang) Kecamatan Rumpin Badri saat dikonfirmasi mengenai pelaksanaan program tersebut. “Betul di Kecamatan Rumpin,ada 7 (tujuh) desa yang mendapatkan bantuan RTLH dari Pemkab Bogor,totalnya ada 175 unit rumah. Jumlah bantuan Rp.10 juta per unit.“ Paparnya.

Badri menambahkan,pelaksanaan kegiatan saat ini adalah tahap kesatu dan tiap desa baru mendapatkan bantuan 15 unit rumah. “Ketujuh desa tersebut adalah Desa Kampung Sawah, Rumpin, Gobang, Mekarjaya, Tamansari, Mekarsari dan Desa Sukamulya.“ Imbuh Badri kepada wartawan.

Namun baru saja program RTLH dilaksanakan,sudah muncul berbagai isu dan polemik. Salah satu isu yang muncul yakni adanya dugaan pemotongan jumlah dana bantuan yang diterima warga. Hal tersebut diperparah dengan adanya oknum yang mengaku wartawan atau LSM. Oknum-oknum tersebut datang langsung ke rumah warga yang mendapat bantuan RTLH dan mencari kesalahan para pelaksana program RTLH. “Bener pak kemaren ada yang periksa dan nanya-nanya soal bantuan ini. Berapa bantuannya,dikasih apa aja dan lain-lain.“ Ujar seorang warga penerima bantuan di Desa Rumpin yang namanya tak mau disebutkan.

Menurut keterangan beberapa sumber terpercaya, oknum-oknum tersebut melakukan investigasi dan mencari bukti penyimpangan saat pelaksanaan pogram RTLH. Namun hasilnya bukan dilaporkan ke Dinas,tapi justeru digunakan untuk menakut-nakuti Kepala Desa maupun LPM selaku pelaksana program. Seperti yang dialami Kepala Desa Rumpin, Djaja Sudirdja beberapa hari lalu. “Kami sangat hormati profesi wartawan dan LSM yang benar-benar bekerja untuk kepentingan publik. Tapi oknum-oknum gadungan itu justeru selalu mencari-cari kesalahan dan meminta imbalan secara memaksa.“ Ujar Djaja. (Mz/Wan)

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita