HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Kabupaten Bogor Sulit Wujudkan Program Swasembada

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Rabu, 13 Mei 2015 | 02.01

Kab.Bogor,potretbogornews.com - Swasembda beras yang digembar-gemborkan Pemkab Bogor bakal sulit terwujud. Sampai saat ini, buat memenuhi kebutuhan 5,3 juta jiwa warganya, baru terpenuhi sekitar 63 persen atau hanya mampu memproduksi 240.000 beras dari total kebutuhan 550.000 ton beras.

Kasi Produksi Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Bogor Irma menjelaskan, Kabupaten Bogor masih jauh dari kata swasembada pangan. “Kita masih impor beras dari Karawang, Bekasi, Cianjur dan Sukabumi,” katanya, Selasa (12/05/15)

Ditambah lagi, lanjutnya target produksi beras 2015 yang ditetapkan pemkab hanya 350.000 ton dari 40 ribu hektar areal sawah. Meksi target ini di atas rata-rata produski beras 240.000 ton pert tahuan, namuan diniali maish rendah,” katanya.

Kepala Distanhut Kabupaten Bogor Siti Nuranty mengatakan, dari luas areal sawah 40.000 hektar sebenarnya ini sudah cukup. “Tapi jumlah penduduk kita sangat banyak. Kabupaten mana coba, jumlah penduduknya sebanyak Bogor yang lebih dari 5 juta jiwa. Jadi, konsumsi beras pun meningkat,” ujarnya.

Meski demikian dia menjelaskan, pihaknya menyiapkan sarana-prasarana untuk menunjang produktivitas pertanian. Termasuk menyalurkan bantuan traktor dari Kementerian Pertanian kepada 40 kelompok tani. “Kebutuhan traktor saat ini tidak dapat dihindari mengingat semakin langkanya tenaga kerja di sektor pertanian,” katanya.

Pihaknya juga melakukan upaya lain dengan menanam padi hibrida di areal sawah seluas 1.000 hektare. “Padi hibrida ini unggul dalam jumlah hasil produksi yang lebih banyak ketimbang padi inbrida,” tutupnya.

Selain itu, dia mengatakan akan menerapkan cara penanaman padi legowo atau manipulasi di lahan satu hektar. Sistem legowo ini khasiatnya perawatan mudah, cepat dan hemat. Serta lahan pertanian bisa terbebas dari hama. “Sehingga petani tidak lagi mengalami kerugian saat gagal panen,” katanya. (iwan)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita