HEADLINES NEWS :
REDAKSI

"Tombol Panik" Darurat Kota Badung Sudah Siap

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Senin, 09 Maret 2015 | 22.15


Bandung,potretbogornews.comRencana Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyediakan aplikasi yang memungkinkan warga Kota Bandung dapat melaporkan secara cepat atas kejadian-kejadian luar biasa dan daruat untuk segera mendapatkan pertolongan, terwujud.


Dalam akun twitternya, Ridwan Kamil di @ridwankamil menyebutkan bahwa aplikasi "tombol panik" yang diidamkan sudah tersedia atas bantuan dari Telkom. Aplikasi tersebut akan diluncurkan pada bulan mendatang atau bulan April.

"apps 'tombol panik' darurat Bdg dr Telkom. bisa pijit layar /antena kecil. Terkonek ke Command Center. Launch bln dpn," cuit Ridwan Kamil beberapa jam lalu.

Diberitakan sebelumnya, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa program Panic Button atau tombol panik akan siap diluncurkan dalam waktu empat minggu. Hal tersebut diungkapkannya seusai menjadi pembicara dalam diskusi terkait Geng Motor yang dilaksanakan di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5 Bandung, Rabu (19/2).

Ridwan berharap harga panic button bisa sangat murah agar setiap orang bisa memilikinya. Selain itu, ukuran fisik panic button yang sangat kecil juga memungkinkan semua orang dapat membawanya di kantong, dompet, atau tempat lainnya yang mudah dijangkau saat terancam bahaya.

Cara kerja tombol tersebut, kata Ridwan, akan menimbulkan bunyi sirine di Polsek terdekat. Sehingga polisi yang sedang piket dapat secara cepat menanganinya. Sirine tersebut juga akan terus berbunyi sebelum ada petugas yang merespon laporan tersebut.

Teknologi panic button telah digunakan di sejumlah negara, salah satunya adalah Amerika. Panic button dinilai dapat memaksimalkan sistem polisi serta mampu menekan angka kriminalitas khususnya di Bandung. Ridwan pun berharap, tak ada masyarakat yang menyalahgunakan teknologi ini.

"Orang Indonesia suka jahil. Nanti akan ada regulasinya untuk yang menyalahgunakan. Mudah-mudahan dalam empat minggu bisa launching," ujarnya. (dia)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita