HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Wakil Walikota Bogor Adukan "Jurnal Bogor" Ke Dewan Pers

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Senin, 23 Februari 2015 | 22.40


Bogor,potretbogornews.com Tidak terima atas pemberitaan harian Jurnal Bogor, media lokal di Bogor, Wakil Walikota Usmar Hariman dan anggota DPRD Kota Bogor, Yus Ruswandi mengadu ke dewan Pers di Jakarta.


Melalui kuasa hukumnya, Sugeng Teguh Santoso, dua pejabat di Kota Bogor ini mengadukan Pemimpin Redaksi Harian Jurnal Bogor ke Dewan Pers, dengan 4 tuntutan. “Salah satu pointnya adalah meminta maaf di lima media nasional. Surat pengaduan sudah kami antar langsung ke Kantor Dewan Pers di Jalan Kebun Sirih, Jakarta, pada hari ini Senin (23/2),” kata Sugeng.

Sugeng menuturkan, materi pengaduan untuk Yus Ruswandi, anggota DPRD terkait pemberitaan Jurnal Bogor tanggal 16 Februari 2015, yang menyudutkan kliennya, dengan judul, “Yus Biong Angka Hong”.

Sementara materi pengaduan Usmar Hariman, Wakil Walikota terkait pemberitaan Jurnal Bogor tanggal 17 Februari 2015 berjudul, “Duh, Usmar Terima Rp2,5 Miliar.”

Menurut Sugeng, isi dari dua pemberitaan itu, telah melanggar kode etik jurnalistik dan Undang-Undang Pers.

Dalam keterangan kepada wartawan, Sugeng yang juga Ketua LBH Bogor Raya ini menuntut empat hal yang mutlak dipenuhi Jurnal Bogor, jika tidak ingin kasusnya meluas ke ranah pidana.“Saya minta, Dewan Pers menyatakan Jurnal Bogor telah melangar kode etik jurnalistik, dan memerintahkan Jurnal Bogor meminta maaf secara tertulis di 5 media online dan 5 media cetak nasional yang isi permintaan maafnya sesuai dengan konsep yang saya buat, ” katanya

Selain itu, Sugeng juga meminta Dewan Pers merekomendasikan Pemimpin Umum PT Suwardana Media Cita, agar memerintahkan Pemimpin Redaksi dan penulis berita mengikuti penyegaran pada Lembaga Pers Dr Soetomo serta memerintahkan Jurnal Bogor memuat hak jawab pada halaman pertama yang substansi hak jawabnya ditentukan oleh saya,” paparnya.(pb)

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita