HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Pembangunan Tol Bocimi Dimulai

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Senin, 09 Februari 2015 | 19.39


Bogor,potretbogornews.comSetelah terkatung-katung selama 17 tahun, akhirnya pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) diresmikan di Jl. Raya Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Senin. Meski belum seratus persen lahan dibebebaskan, pembangunan tol sepanjang 56,4 km ini yang dibagi dalam empat seksi diharapkan seksi pertama dapat dioperasikan 2017.


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, masyarakat Jabar telah lama menantikan terealisasinya Tol Bocimi sejak 2007 hingga 2014. “Ini sejarah tol terlama direncanakan, 17 tahun baru dimulai‎,” ujarnya saat bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo meresmikan dimulai pembanguan tol ini.

Menurutnya, sepanjang jalan ini setiap hari dilanda kemacetan. “Uniknya, setiap menjelang Idul Fitri jalan ini luput dari pemberitaan. Kenapa? Sebab sepanjang hari macet terus, sehingga bukan lagi menjadi konsumsi berita,” ucapnya.

Diakuinya, sampai saat ini belum semua lahan dibebaskan, namun dia optimis tahun ini rampung semua.”Tahun ini seluruh lahan yang dijadikan area pembangunan tol selesai dibebaskan,” ujarnya.

Sementara Rully Rakhmatullah dari PT Trans Jabar Tol selaku pemegang konsensi ruas tol ini bersama MNC Group mengatakan, pembangunan tol ini dibagi dalam empat seksi. Sesi I sepanjang 15,35 km dari Ciawi-Cigombong. Seksi dua, Cigombong-Cibadak sepanjang 12 km. Sedangkan seksi tiga, Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 14 km dan seksi empat, Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km.

“Sedangkan konstruksi bangunan menggunakan tipe struktur elevated (melayang) dan at-grade (dataran rendah). Untuk sesi pertama, konstruksinya dibiayai sendiri dan pinjaman bank yang kami perkirakan rampung setahun sehingga 2017 dapat dioperasikan,” ujarnya.

Sedangkan untuk seksi II, III dan IV akan dilakukan sesuai dengan tahapan pembebasan lahan dengan menggunakan undang-undang baru. “Kegiatan ini akan dilaksanakan langsung oleh pemerintah yang rencananya akan diselesaikan dalam kurun waktu dua tahun,” imbuh Rully.

Proyek tol ini membentang sepanjang 53,6 kilometer menghubungkan Kabupaten dan Kota Bogor serta Kabupaten Sukabumi dengan nilai investasi lebih dari Rp5,4 triliun. Sebelumnya pencanangan pembangunan tol ini pernah dilakukan Gubernur Jawab Barat Ahmad Herwayan pada April 2011 lalu, namun mendadak terhenti. Lahan yang sudah diratakan sempat ditanami sayuran oleh warga setempat.

Dari catatan Pos Kota lahan yan belum dibebaskan sekitar 83,61 persen atau tinggal 61,03 hektar yang tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor. Sedangkan anggaran yang disiapkan buat pembebasan Rp6 triluan dari APBN. (iwan)

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita