HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Sawah Tadah Hujan Desa Citayam Butuh Sumur BOR

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Kamis, 08 Januari 2015 | 20.52


Tajurhalang, potretbogornews.comSejalan dengan program Pemerintah menuju Swasembada Pangan dalam rangka Peningkatan Ekonomi Rakyat dibidang Pertanian. Desa Citayam adalah salah satu Desa di Kecamatan Tajurhalang Kab. Bogor yang masih mempertahankan keberadaan lahan tanah persawahan, walaupun pertumbuhan penduduk, dan pertumbuhan pembangunan perumahan tumbuh dengan pesat di Desa Citayam. 


Pemerintahan Desa Citayam mempertahankan sawah tadah hujan seluas 15 Ha yang berada di wilayah Kampung Kali Putih dan tidak tergusur pembangunan perumahan. N. Robi (74) selaku Ketua Kelompok Tani Mekarsari kepada potretbogornews.com menuturkan, Ia bersama kelompok tani lainnya menginginkan dan mempertahankan keberadaan Sawah Tadah Hujan tersebut dikarenakan masih adanya warga yang bertahan menjadi Petani dan ini diperhatikan dengan baik oleh Pemerintahan Desa Citayam. 

Dikatakannya bahwa Desa Citayam ada 4 Kelompok Tani yang masih eksis yaitu Kelompok Tani Mekarsari, Kelompok Tani Sari Mekar (Pertanian Padi dan Palawija), Kelompok Tani Buah Belimbing, dan Gapoktan Tanaman Hias. Diketahui bahwa keberadaan Sawah Tadah Hujan dibawah Kelompok Tani Mekarsari sering mendapat kunjungan Study Banding dari Provinsi lain di seluruh Indonesia diantarannya adalah Kelompok Tani dari Papua juga Kelompok Tani dari Sulawesi. 

“Mereka ingin mengetahui sejauh mana Sawah Tadah Hujan di Desa Citayam bisa eksis dan berprestasi serta dapat bertahan dengan baik,” papar Robi. Walaupun Sawah kami Sawah Tadah Hujan tapi saat panen kami bisa menghasilkan panen 7 Ton Padi/Ha-nya, namun bila kondisi musim kemarau sampai 3 bulan lamanya kami sangat khawatir, karena tidak ada Sumur Bor yang bisa membantu mengairi sawah kami,” terangnya 

Lebih lanjut pria yang pernah menjadi Kades Citayam priode tahun 1979-1998 ini menuturkan bahwa saat ini sedang ada pendataan kelompok tani oleh TNI melalui Babinsa atas Instruksi Presiden Jokowi untuk seluruh Kelompok Tani di Indonesia. Tentunya Robi berharap dengan demikian akan ada perhatin serius dari Pemerintah untuk pembuatan sumur Bor yang dapat mengairi sawah di musim panas/kemarau sehingga pertumbuhan padi tidak terhambat. “Mudah-mudahan Pemerintah dapat segera merealisasikan keinginan kami,” harap Robi. 

Terkait Kelompok Tani Belimbing Robi menjelaskan ada upaya dari Pemerintahan Desa Citayam, bahwa Desa Citayam akan dijadikan sentra Budi Daya Buah Belimbing. “Rencananya akan di PERDES kan pada warga agar setiap rumah menanam 2 pohon Belimbing,” tutupnya. (Dhar)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita