HEADLINES NEWS :
REDAKSI

PUBLIKASI KINERJA KECAMATAN KEMANG 2014

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Minggu, 14 Desember 2014 | 22.30


Kecamatan Kemang memiliki luas wilayah 5.588,64 Ha, dengan batas batas administratip sebagai berikut :


- Sebelah Utara               : Kecamatan Parung

- Sebelah Barat               : Kecamatan Ciseeng

- Sebelah Selatan           : Kecamatan Rancabungur

- Sebelah Utara               : Kecamatan Tajur Halang

Terdiri dari 1 Kecamatan dan 8 Desa, yaitu :

1. Kelurahan Atang Senjaya 6. Desa Pabuaran

2. Desa Semplak Barat 7. Desa Tegal

3. Desa parakan Jaya 8. Desa Pondok Udik

4. Desa Bojong 9. Desa Jampang 

5. Desa Kemang


Memiliki jumlah penduduk 84.428 Jiwa, terdiri dari :

- Jumlah penduduk Laki – Laki = 43.284 Jiwa

- Jumlah penduduk Perempuan = 41.144 Jiwa

- Jumlah kepala keluarga = 27.499 KK

- Jumlah penduduk tidak mampu / miskin = 5.146 Jiwa / 943 Rumah tangga

Jumlah Rt di wilayah Kecamatan Kemang pada saat ini sebanyak 303 Rt, 78 Rw dan 10 Dusun yang tersebar di 8 desa 1 kelurahan.


Berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Bogor nomor 24 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja kecamatan bahwa kecamatan merupakan perangkat daerah yang mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan serta melaksanakan sebagaian kewenangan Bupati berdasarkan pelimpahan kewenangan, dengan maksud untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Visi Kabupaten Bogor yaitu Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju di Indonesia adalah harga mati yang tidak dapat di tawar lagi yang memerlukan kesungguhan semua pihak untuk bersinergi, eksekutip maupun legislatip serta seluruh lapisan masyarakat, karena pembangunan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.


Untuk tercapai nya Visi Kabupaten bogor tersebut di atas, maka Kecamatan Kemang memutuskan Visi-Visi Kecamatan Kemang menuju daerah pertanian termaju di Kabupaten Bogor yang di jabarkan ke dalam 3 Misi yaitu :



1. Meningkatkan pelayanan publik dan kapasitas Pemerintahan Desa dan Kelurahan.

2. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UKM serta penataan sarana prasarana wilayah.

3. Meningkatkan pembudayaan dan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan serta kesolehan sosial dalam lingkungan yang kondusif.


Visi Kecamatan Kemang tersebut kami tuangkan dalam bentuk program kerja yang di sesuaikan dengan kondisi dan potensi yang dimiliki, Adapun maksud dari program ini adalah sebagai arah dan pedoman kerja aparatur Kecamatan Kemang dalam melaksakan tugas pokok dan fungsi nya serta sebagai bahan monitoring, evaluasi, pengamatan dan pengendalian.


Sedangkan tujuannya adalah untuk mewujudkan sinkronisasi dan sinergi perencanaan pembangunan daerah dengan meningkatkan kinerja perangkat kecamatan, sebagai berikut :



A. Bidang pemerintahan :

1. Pemerintah Desa.

Sosialisasi undang – undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa beserta peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang – undang nomor 6 tahun 2014 serta peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari APBN.

2. Pembinaan administrasi kependudukan.

Untuk mewujudkan tertib administrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di bidang kependudukan.

3. Bimbingan teknis aparat Desa.

Bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengelolaan keuangan Desa bagi aparat Desa, khusus nya sekretaris Desa dan bendahara.

4. Rapat minggon Desa.

Rapat minggon Desa sebagai media yang efektif untuk mengetahui hambatan dan permasalahan dalam penyelenggaraan dalam pemerintahan Desa dan Kelurahan, sehingga hambatan dan permasalahan dapat di minimalisir, kegiatan rapat minggon ini di laksanakan secara keliling setiap hari rabu ( minggu pertama ).

5. Sosialisasi Peraturan Bupati nomor 29/2014, Tentang : Tata cara pemilihan dan pemberhentian Kepala Desa

6. Pelaksanaan PATEN.

Program PATEN Kecamatan Kemang telah di canangkan pada bulan September 2014, sebagai tindak lanjut dengan di berlakukannya peraturan Bupati Bogor nomor 51 tahun 2013, tentang pendelegasian kewenangan penandatanganan dokumen administrasi pelayanan, perijinan dan non perijinan kepada Camat, dengan maksud untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.



B. Bidang kesejahteraan rakyat :

1. Pengawasan penyaluran Beras miskin kepada setiap desa di kecamatan Kemang, sampai dengan 30 Nopember 2014, penyaluran raskin ke 8 desa 1 kelurahan telah terealisasi 100%.

2. Sosialisasi dan fasilitasi penyerahan kartu BPJS untuk 8 desa 1 kelurahan di aula kantor Kecamatan kemang yang di hadiri oleh para ketua TP PKK desa, kasi kesra desa dan kader-kader posyandu.

3. Fasilitasi penyerahan bantuan sarana ke agamaan, antara lain Masjid, Mushola, Majlis ta’lim di aula kantor Kecamatan Kemang.

4. Pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan yang dilaksanakan terhitung mulai tanggal 18 s/d 20 Juni 2014, menghasilkan Qori-Qori terbaik hasil seleksi dari semua cabang.

5. Kegiatan Jumat keliling tanggal 28 Nopember 2014, di masjid An’Nur Desa Jampang, sebagai media silaturahim antara pemerintah Desa dengan Ulama dan tokoh masyarakat.



C. Bidang Pembangunan :

1. Fasilitasi relokasi pengadaan lahan puskesmas jampang seluas 1.918 M2, guna meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

2. Pembangunan UGB/USB SMPN 2 Kemang ( bertingkat dengan volume ( 1 unit / 10 ruang kelas dan 1 unit ruang kepala sekolah dan ruang guru ).

3. Fasilitasi dan pengawasan pembangunan rumah tidak layak huni sejumlah 160 unit yang tersebar di 5 Desa dan 1 Kelurahan.

4. Meningkatkan jalan Tegal – Nagrog sepanjang 2.232 M, lebar 3 M

5. Pemberdayaan masyarakat melalui bantuan-bantuan imprastruktur dari pemerintah provinsi jawa barat yang tersebar di berbagai desa.


D. Bidang Perekonomian :

1. Pembinaan dan fasilitasi lomba tingkat nasional kelompok Tani Budi Daya Ikan Lele “MITRA TANI’ Desa Jampang meraih juara ke 1 tingkat Nasional.

2. Pembinaan kelompok Budi Daya Ikan Hias “CILALA MANDIRI” Desa Jampang.

3. Pembinaan dan fasilitasi pembentukan badan usaha milik Desa.

4. Pembinaan kelompok Wanita Tani dalam pembuatan produk makanan berbahan dasar ikan di Desa Jampang.

5. Pembinaan pengembangan usaha makanan “FADILAH MAKMUR” (usaha makanan Dodol, Noga dll) di Desa Semplak Barat.

6. Pembinaan IKM “ALAS KAKI” Desa Pabuaran dan IKM kelompok usaha bersama “MUTIARA KESET” di Desa Pabuaran.


E. BIDANG TRANTIB :

1. Sosialisasi peraturan daerah nomor 8 tahun 2006, tentang ketertiban umum di 8 desa 1 Kelurahan.

2. Pembinaan penyuluhan siskam swakarsa bersama unsur Koramil dan Polsek di desa-desa rawan gangguan keamanan ketertiban.

3. Pendataan warung remang-remang dan bangunan liar yang beridiri di atas tanah negara sepanjang jalan-jalan Kemang Parung.

4. Apel siaga Linmas Pam Pileg dan Pam Pilpres.

5. Penyuluhan daerah rawan bencana tanah longsor di Dsa Parakan, Dsa Semplak Barat, Dsa Bojong dan Dsa Kemang.

6. Fasilitasi pembongkaran warung remang-remang dan tempat hiburan malam ( THM ) sebanyak 26 buah bangunan.

Kesimpulan :

Untuk menopang kinerja yang maksimal , di butuhkan dua aspek yang sangat menunjang kualitas pelayanan masyarakat yaitu aspek SDM aparatur Kecamatan yang mempunyai kompetensi dan daya saing serta komitmen sebagai pelayan masyarakat di samping aspek sarana dan prasarana, dukungan anggaran dan pemanfaatan metode peningkatan kinerja yang efektif.


Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita