HEADLINES NEWS :
REDAKSI

KPK Sosialisasikan LHKPN Di Pemkab Bogor

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Selasa, 16 Desember 2014 | 00.38



Cibinong, potretbogornews.comSpesialis Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wahyudi menjelaskan, LHKPN merupakan sebuah urusan wajib bagi pejabat penyelenggara Negara. Oleh karenanya KPK senantiasa mensosialisasikan pelaporan LHKPN kepada para penyelenggara termasuk jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Sosialisasi LHKPN disampaikan Wahyudi kepada sejumlah pejabat Eselon II dan III di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin (15/12).


“Saat ini LHKPN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor sudah mencapai 11,95 persen, dan harus terus ditingkatkan. Ibu Plt. Bupati Bogor sudah melakukanya empat kali dan Sekretaris Daerah sudah tujuh kali melaporkan. Pemkab juga sudah menetapkan surat keputusan mengenai LHKPN, dimana menetapkan jabatan yang wajib melaporkan LHKPN. Dan sangsi bagi yang tidak melaporkan LHKPN, yakni masuk kategori pelanggaran disiplin berat,” jelas Wahyudi.

Wahyudi menambahkan, sesuai data yang kami dapat, rata-rata pejabat Pemkab sudah melaporkan LHKPN dua sampai tiga kali. Saya meminta kepada Sekretaris Daerah untuk terus mengingatkan jajarannya agar meningkatkan kepatuhan LHKPN, kami juga siap membantu secara teknis pengisian LHKPN.

“Untuk menyampaikan LHKPN kepada KPK, lakukanlah pengisian semaksimal yang bisa diisi dan berikanlah data pendukung semaksimal mungkin. Selanjutnya laporan yang diberikan akan langsung kami verifikasi. Saya berharap jajaran Pemkab Bogor bisa melaporkan LHKPN dengan baik. Tidak perlu takut melaporkan LHKPN, KPK tidak akan menangkap seseorang yang salah melaporkan LHKPN, justru kami akan membantu dalam proses memberikan laporan LHKPN,” tambahnya.

Selanjutnya, Plt.Bupati Bogor, Nurhayanti memaparkan, sosialisasi ini adalah upaya strategis untuk mendekatkan para pejabat Pemkab Bogor dengan berbagai ketentuan perundang-undangan yang mendasari kewajiban LHKPN dan SPT tahunan PPH orang pribadi. Sehingga mendekatkan pemenuhannya sebagai kewajiban yang menyertai pelaksanaan tugas sebagai penyelenggara Negara.

“Ketentuan perundang-undangan tersebut seyogianya mendorong kita untuk menjadikan kegiatan mengisi LHKPN dan membayar SPT tahunan PPH orang pribadi sebagai kewajiban yang harus ditaati. Kemudian untuk memberikan kontribusi terhadap tegaknya pakta intergritas dalam lembaga birokrasi yang bersih dan kuat serta bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme,” papar Nurhayanti.

Nurhayanti berharap, semoga kegiatan ini berhasil mencapai tujuan dalam meningkatkan kepatuhan para pejabat eselon II dan III di lingkungan pemerintah Kabupaten Bogor terhadap kewajiban LHKPN dan SPT tahunan PPH orang pribadi. Karena melaporkan harta kekayaan pada dasarnya merupakan bagian dari upaya untuk membangun system birokrasi yang bersih dan kuat.

“Selain itu kepatuhan LHKPN dapat menanamkan sifat keterbukaan dan tanggung jawab dalam diri penyelenggara Negara, juga menjadi sarana kontrol bagi masyarakat. Serta menjamin tertib administrasi dokumen harta dan tentunya menghindari timbulnya prasangka masyarakat akan sumber harta kekayaan,”, harapnya.

Hambatan, tambah Nurhayanti, yang biasanya dihadapi dalam melaporkan SPT tahunan adalah panjangnya antrian dan lamanya waktu yang diperlukan untuk menjalani seluruh tahapan pengisian SPT. Namun demikian, hambatan ini telah diatasi dengan peluang penggunaan SPT elektronik yang dikenal sebagai e-Filing. Yang tentunya potensial mempermudah wajib pajak dalam pengisian SPT tahunan dan mempermudah penyimpanannya.

Selain sosialisasi mengenai LHKPN, para pejabat juga diberikan bimbingan teknis penggunaan aplikasi e-Filing. Yakni aplikasi yang digunakan untuk menyampaikan SPT tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal pajak (www.pajak.go.id) atau perusahaan penyedia jasa aplikasi atau Application Service Provider (ASP). Bintek aplikasi e-Filing diberikan oleh KPP Pratama Cibinong. (Ewo/Jamil)


Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita