HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Cuaca Ekstrim di Bogor Hingga 4 Januari

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Senin, 29 Desember 2014 | 23.18


Bogor, potretbogornews.com Hujan deras yang hampir setiap hari mengguyur Bogor dan sekitarnya diprediksi bakal menimbulkan longsor. Badan Meteorologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Dramaga memprediski fenomena alam ini terjadi hingga 4 Januari 2015. Warga Bogor dimintai waspada akan bencana alam ini.


“Bukan hanya di kawasan Puncak, tapi seluruh wilayah Bogor dan sekitarnya bakal hujan deras selama sepekan ke depan,” ujar Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Dramaga, Bogor, Dedi Sucahyono, Senin (29/12).

Hujan terjadi dari arah selatan wilayah Cianjur lalu mengarah ke Puncak dan menyebar ke arah Depok, Bekasi, Jakarta dan sebagian Tangerang. “Hujan diprediksi terjadi pada siang, sore hingga malam dengan durasi hujan cukup lama. Sedangkan intensitas hujan tinggi akan terjadi pertenghan Januari hingga akhir awal minggu pertama Februari mendatang,” katanya.

Dia juga meminta mewaspadai adanya petir yang lebih sering terjadi pada musim hujan. Sebab pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir.“Lantaran ada awan bermuatan negatif dan positif, maka petir juga bisa terjadi antarawan yang berbeda muatan,” katanya.

Menurutnya, petir merupakan gejala alam yang bisa dianalogikan dengan sebuah kapasitor raksasa, di mana lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral).

Sedangkan Kasi Logistik dan Pengendalian Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Aksomo telah mempetakan 14 kecamatan di Kabupaten Bogor rawan longsor. “Jika hujan lebih dari empat jam mengguyur di 14 kecamatan itu, dikhwatirkan bakal longsor,” ujarnya.

Sedangkan di kawasan Puncak yang bakal dibanjiri ribuan pengunjung pada malam pergantian tahun baru, Budi mengatakan, terdapat 11 titik rawan longsor. “Daerah ini tersebar mulai dari Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Desa Tugu Utara hingga Desa Tugu Selatan di Kecamatan Cisarua. Di sebagian diketiga desa ini tanahnya sangat labil dan bisa dipastikan akan longsor jika diguyur hujan selama empat jam lebih,”

Mengantisipasi datangnya bencana ini, kata Budi pihaknya bersama dinas terkait sudah disiagakan. ”Khusus di kawasan Puncak kita tempatkan personel dan dua alat berat serta peralatan medis dan bantu lainnya,” ujaranya. (iwan)

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita