HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Biawak Di Indramayu Terancam Punah

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Kamis, 18 Desember 2014 | 23.55


Indramayu, potretbogornews.comPerburuan satwa langka seperti biawak di Indramayu, Jawa Barat hingga saat ini masih terus berlangsung. Kegiatan itu dilakukan demi memenuhi kebutuhan ekonomi. Perburuan biawak dilakukan sekelompok pemuda dengan menggunakan senapan angin yang sudah dimodifikasi.


Biawak yang masih banyak terdapat di sejumlah Kali Tuan di Kecamatan Losarang terus diburu. Akibatnya satwa langka ini jumlahnya makin menyusut. Hewan buruan yang tertembak dijual kepada pedagang sate biawak yang banyak terdapat di Kabupaten Indramayu.

Harga jual seekor biawak bervariasi, menurut ukurannya. Seekor biawak kecil dihargai Rp30 ribu. “Yang besar harganya mahal bisa mencapai Rp100 ribu per ekor,” kata Edi, 31 warga Kecamatan Losarang.

Perburuan biawak tak hanya dilakukan warga di Kecamatan Losarang, tapi juga dilakukan warga Kota Indramayu di sejumlah daerah yang berawa-rawa seperti di Kecamatan Cantigi, Kecamatan Arahan dan Kecamatan Sindang.

Perburuan satwa langka baiwak juga dilakukan sekelompok warga di pusat habitat biawak terbesar di Indramayu yaitu di Pulai Biawak yang berjarak sekitar 40 mil laut dari Pantai Indramayu. (taryani)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita