HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Pemkab Bogor Tetapkan Status Bencana Puting Beliung

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Senin, 27 Oktober 2014 | 20.55


Ciomas, potretbogornews.com - Hujan disertai angin kencang menghantam kawasan Bogor Sabtu 25 Oktober petang kemarin. Sejauh ini, tak ada korban jiwa, namun sebanyak 5 orang dilaporkan luka-luka. Ratusan rumah pun rusak.



Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor menetapkan status bencana puting beliung di Kecamatan Ciomas. Selanjutnya Pemda segera memberikan bantuan guna rehab bangunan pasca bencana.

Wakil Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, sekitar 254 rumah di 5 wilayah rusak akibat bencana puting beliung.

"Kami masih tengah mendata jumlah riil bangunan yang rusak akibat bencana puting beliung. Data sementara, ada 254 rumah di 5 wilayah yang rusak," ungkapnya.

Dari jumlah 254 tersebut, sebanyak 154 rumah dalam ketegori rusak ringan, 69 rumah rusak sedang dan 31 rumah rusak berat. Rumah tersebut dihuni oleh 273 keluarga, 524 jiwa di empat desa (Sukamakmur, Ciomas Rahayu, Pegelaran, Laladon) dan satu kelurahan (Padasuka).

"Untuk jumlah korban luka ada dua orang yang masih dalam perawatan dan untuk biaya perawatan ditanggung Pemda," papar Nurhayanti.

Pemerintah Bogor menjanjikan untuk melakukan rehabilitasi untuk bangunan-bangunan rusak akibat bencana tersebut. Sedangkan anggaran yang disediakan dari dana tak terduga APBD Kabupaten.

"Besaran dana rehab sebesar Rp 1 juta hingga Rp 10 juta bagi bangunan yang mengalami rusak berat," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yos Sudrajat.

Apapun teknis pemberian, terang Yos, bisa berupa bahan meterial atau uang. Dalam kesempatan itu, Pemda juga memberikan bantuan berupa 1 ton beras dan 74 kardus mi instan.

Dari data BPBD Kabupaten Bogor, Kecamatan Ciomas memang daerah rentan terkena bencana puting beliung. Terakhir, terjadi pada tahun 2012 lalu dan sebanyak 670 bangunan tercatat rusak. Sementara dari 40 Kecamatan yang rentan bencana sebanyak 23 Kecamatan, baik tanah retak, banjir, puting beliung dan longsor.
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita