HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Pekan Depan Lelang Jabatan Di Pemerintah Kota Bogor

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Kamis, 14 Agustus 2014 | 07.27



Kota Bogor, potretbogornews.comRencana lelang jabatan yang digulirkan Pemkot Bogor terus digodok. Pada tahap pertama 12 kepala dinas, enam kepala badan dan enam kepala kantor serta satu Kepala Satpol PP dipastikan dirombak, kemudian tahap kedua giliran tiga direksi BUMD. Sedangkan mekanismenya lewat jalur seleksi terbuka dan fit and proper test yang melibatkan akademisi Unversitas Pakuan (Unpak), Bogor.


Proeses pendaftarannya mulai dibuka pekan depan. Kepala dinas yang masih menjabat wajib mendaftar. Mereka bakal bersaing dengan 38 pejabat eselon II yang ingin memeprebutkan 24 pos jabatan tersebu “Rencananya pekan depan kita buka pendaftaran selama tiga hari. Setelah fit and proper test. Dua minggu kemudin kita sudah mendapatkan kepala SKPD yang bisa bersama-sama membawa Kota Bogor lebih baik lagi,” ujar Walikota Bogor Bima Arya, Rabu.

Bima menjelaskan, pejabat eselon II yang ingin mengisi pos yang disediakan, diharuskan mendaftar ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bogor. “Pendaftaran ini berlaku pula bagi kepala dinas yang masih menjabat atau mau pindah ke SKPD lainnya,” ujarnya.

Setelah mendaftar, tim Unpak yang diketuai Rektornya Dr Bibin Rumbini akan melakukan fit and proper test. Hasilnya diserahkan ke Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang sudah melalui proses pertimbangan Sekda dan Wakil Walikota.

Menurutnya, uji kompetesi dilakukan oleh akademisi, sedangkan Baperjakat menilai kepribadian dan kinerja calon. Bila ada peserta yang lolos uji komptesi, misalnya namun gagal berdasarkan penilaian Baperjakat, maka Baperjakat akan mengusulkan ke Walikota layak atau tidak.”Nah, keputasan terakhir di Walikota. Meski proses seleksi dilakukan secra terukur, tapi Walikota punya hak perogatif. Hak ini yang akan saya gunakan menentukan posisi kepala SKPD,” jelasnya.

Setelah SKPD, giliran serupa dilakukan terhadap Direksi PDAM Tirta Pakuan, PD Pasar Pakuan Jaya dan Direksi PD Jasa Transportasi, kemudian menysusul para Camat dan Lurah dan Kepala Sekolah. “Kenapa dilakukan seleksi jabatan semacam ini? Sebab, kondisi pembangunan di Kota Bogor belum dikatakan berhasil, mulai transportasi, Kaki-5 hingga kebersihan. Nah, untuk membenahi itu semua butuh orang yang tepat dan mengerti permasalahannya,” ujarnya. (iwan)

Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita