HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Ritual Seba Warga Baduy Turun Gunung

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Minggu, 04 Mei 2014 | 17.27



Banten, potretbogornews.com - Ribuan warga Suku Baduy asal Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, turun gunung untuk melakukan ritual Seba. Warga Baduy Dalam dan Luar berjalan kaki lebih kurang 180 km dari tempat asalnya di Desa Kanekes menuju Pendopo Bupati Lebak dan Gubernur Banten dengan membawa seserahan hasil bumi. 



“Teu karasa jalan jauh oge, ja geus jadi kabiasaan luluhur kami ti baheula, (tidak kerasa jalan jauh juga, karena sudah menjadi kebiasaan leluhur sejak dulu-red),” tutur Jakri, 50, warga Kampung Cikartawana, Desa Kanekes. 

Menurut penuturan warga Baduy Dalam ini dirinya bersama warga warganya harus berjalan selama 2 hari 2 malam untuk sampai di Pendopo Gubernur Banten di Kota Serang. Cara ini dilakukan demi mengikuti tradisi para pendahulunya. “Lantaran tos biasa ti baheula, jadi teu karasa jauh oge. (Karena sudah kebiasan dari dahulu, jadi tidak kerasa jalan jauh juga, red),” katanya. 

Seba berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti saba atau berkunjung atau mengunjungi. Adapun upacara Seba itu sendiri adalah sebuah tradisi untuk mengungkap rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan rezeki yang mereka terima selama satu tahun yang dilakukan secara turun temurun.


Upacara ini sudah ada sejak zaman Padjajaran. Upacara Seba adalah suatu pengabdian kepada seseorang yang berkedudukan tinggi dengan disertai penyerahan berbagai hasil bumi seperti pisang, padi, buah-buahan serta tanaman lainnya untuk dipersembahkan kepada bapak gede yaitu Bupati Lebak dan Gubernur Banten. Bila seserahan sudah diserahkan dan disantap pemimpin daerah, itu artinya seluruh jiwa dan harapan warga Baduy telah diberikan secara resmi. 

Acara Seba Baduy tahun ini kembali digelar di Pendopo Gubernur Banten di Kota Serang, Jumat-Sabtu (3-4/5) malam. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Banten mengemas ritual tahunan Suku Baduy agar menarik minat wisatawan luar Banten untuk turut menyaksikan. (IS)


Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita