HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Peringatan Isra Mi'raj Ajang Menumbuhkan Keimanan Pada Allah SWT Dan Rasulullah

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Rabu, 28 Mei 2014 | 19.58



Babakan Madang, potretbogornews.com - Indonesia terkenal dengan kekayaannya, termasuk didalamnya adalah Suku, Agama dan Adat Istiadat yang beragam. Kemarin (Selasa 27/5/14) bertepatan dengan tanggal 27 Rajab 1435 adalah peringatan Isra Mi’raj yang menjadi hari yang amat penting bagi seluruh umat muslim. Pasalnya pada malam tanggal 27 Rajab tahun ke-10 kenabian Rasulullah (Menurut al-Allamah al-Manshurfuri) terjadi peristiwa luar biasa yang dialami Rasulullah SAW yaitu Isra Mi’raj.


ISRA' yaitu Perjalanan Nabi Muhammad SAW pada suatu malam dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsha di Pelestin dalam waktu yang singkat.

MI'RAJ yaitu Naiknya Nabi Muhammad SAW ke langit ke-tujuh dan selanjutnya sampai ke Sidratul Muntaha, yakni dari Masjidil Aqsha di Palestin (Syam) naik ke atas melalui beberapa lapis yang bertingkat, terus menuju Baitul Ma'mur dan ke Sidratul Muntaha, ke 'ARASY untuk menerima wahyu Allah yang mengandung perintah solat lima waktu sehari semalamnya.

Karena mulianya peristiwa tersebut, Kp. Citaringgul Kec. Babakan Madang Kab. Bogor yang mayoritas beragama islam memiliki Tadisi yang selalu dilaksanakan secara turun menurun dari nenek moyang, dan sampai sekarang Tradisi tersebut masih terjaga kelestariannya dengan baik. “ Tradisi ini sudah dilaksanakan dari Zaman Dahulu, kita patut melestarikan tradisi warisan nenek moyang kita ini “ Ujar Mahpudin selaku Kepala Desa Citaringgul.

Tradisi Isra Mi’raj dikampung ini di selenggarakan di Masjid Jami Al-Falah, Prosesnya tidak jauh berbeda dengan perayaan-perayaan pada umumnya dengan daerah lain namun ada satu yang menarik. Seorang pemandu acara membuka tradisi tersebut dilanjutkan pemanjatan Doa-doa kepada Sang Illahi Robbi dan Tausiah Agama yang sampaikan oleh Kia’i yang ditunjuk oleh panitia. 

Yang menarik dari Tradisi ini adalah Sesaji yang disediakan. Seluruh warga sekitar membuat berbagai macam Masakan beserta lauk pauknya yang ditata rapih dalam satu wadah. Setiap rumah tangga biasanya membuat satu Sisihan begitu warga menyebutnya yang didalamnya ada sekitar 10 sampai 12 piring berisi masakan dan lauk pauk seperti Bekakak ayam atau paha kambing, Ikan Mas, Telor ayam, Tahu, Tempe, Capcay atau Acar, Mie Goreng, Bihun, Kentang Goreng, Biji Kacang Dole, Krupuk, dan lain-lain. yang semuanya dimasak dengan bumbu yang medok. 

Sisihan tersebut ditata diatas nampan sedemikian cantik dengan variasi-variasi tomat dan cabe merah. Setelah sisihan siap para panitia menyebar untuk mengambil sisihan disetiap rumah tangga. Tercatat 120 Sisihan pada tradisi isra mi’raj kali ini dan sekitar 700 jamaah laki-laki yang hadir.

Sisihan tersebut akan dibagikan kepada suluruh jamaah pada saat acara selesai. Seluruh jamaah membentuk formasi melingkar empat sampai lima orang karena dari formasi tersebut akan disediakan satu sisihan ditengah-tengah lingkaran tersebut untuk dibagikan dan dibawa pulang.

Maksud dari dilaksanakannya tradisi ini adalah Selain memperingati hari besar agama, yaitu untuk menumbuhkan dan memperkuat Keimanan terhadap Allah SWT dan Rasulnya, Begitu juga sebagai tanda Mahabbah atau kecintaan terhadap Rasulullah SAW. Dan yang paling penting yaitu ajang silaturahim antar masyarakat.

Menurut K.H. Khusairi Khurtubi Tokoh Agama “Semoga dengan dilaksanakannya Tradisi ini bisa menumbuhkan dan memperkuat keimanan kita terhadap Allah SWT dan Rasulullah SAW”. 

Kita sebagai umat islam berharap dengan sebuah doa yang senantiasa kita panjatkan dibulan rajab yaitu “Allahumma barik lana fi Rajaba wa Sya’bana wa ballighna Ramadhan”. “ Ya Allah, berikan kami keberkahan di bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami bertemu Ramadhan” Amin.  Sumber: Saddam Husein, (Ibra)


Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita