HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Peran Serta Media Cyber (Online) Dalam Rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Minggu, 11 Mei 2014 | 17.30

Era Modern sekarang ini masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor sangat membutuhkan informasi dari berbagai sektor kehidupan masyarakat sebagai barometer penunjang serta pemacu akselerasi peningkatan nilai kehidupan juga kemajuan Indeks Prestasi Masyarakt/IPM. Kemajuan pola pikir / mindset dan gaya hidup masyarakat sangat tergantung pada seberapa banyak informasi yang tepat dan bermanfaat yang bisa masyarakat dapatkan atau bisa terima.

Tingkat urgensitas dan kualitas dari sebuah informasi bisa dilihat dari seberapa besar kebutuhan dan perhatian masyarakat terhadap informasi tersebut atau juga seberapa akurat dan rinci informasi yang disuguhkan kepada masyarakat terkait sektor kehidupan masyarakat yang memang sedang update / actual diwilayah tersebut. Informasi yang dibutuhkan dan bemanfaat buat masyarakat tentunya harus mempunyai nilai dasar informasi dan nara sumber informasi yang memang menguasai bidang / sektor informasi yang disajikan tersebut.

Keragaman Budaya, Keragaman Aktifitas, Karakter Wilayah, Kadar serta Tingkat Pengetahuan Masyarakat dan lain sebagainya sangat berpengaruh pada penyajian jenis informasi yang tepat untuk dikabarkan kepada masyarakat tersebut. Karena wilayah yang satu belum tentu mempunyai kesamaan dengan wilayah yang lainnya, hal inilah yang akan menyebabkan atau menjadi sebuah keharusan tentang pentingnya dibuat keragaman informasi sesuai yang dibutuhkan dan atau yang patut diberikan ke wilayah tersebut.

Jika satu wilayah mempunyai satu kesamaan aktifitas penduduknya seperti kebanyakan berprofesi sebagai petani, maka informasi yang tepat dan berdaya guna serta berhasil guna adalah hal – hal yang berkaitan dengan informasi dunia pertanian. Lain lagi jika wilayah itu kebanyakan penduduknya beraktifitas sebagai pelaku bisnis home industri / pengrajin, maka informasi yang dibutuhkan dan paling tepat adalah informasi seperti permodalan, bahan baku, pemasaran serta perbaikan mutu produk dari para pelaku bisnis home industri / pengrajin tersebut.

Kecenderungan setiap wilayah mempunyai keragaman sosial dan memiliki karakter berbeda - beda sangatlah terbuka lebar, itu artinya informasi yang harus disajikan juga harus bervariasi mulai dari bidang Ekonomi, Sosial, Budaya, Hukum, Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi, Agama, Politik, Keamanan dan lain sebagainya.

Bobot kualitas sebuah informasi bagi masyarakat cenderung ditinjau dari tingkat kebutuhan masyarakat terhadap informasi tesebut. Hal ini sangat erat kaitannya dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Informasi akan dianggap penting apabila informasi yang diterima tersebut memang di inginkan dan di butuhkan. Sebaliknya informasi akan menjadi biasa atau dianggap kurang berharga jika informasi itu memang tidak tepat sasaran dengan kata lain tidak di inginkan dan tidak dibutuhkan, untuk itu kami potretbogornews.com ada untuk dapat terus bersumbangsih, sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat

Mengacu pada filosopi atau ilustrasi di atas tadi tentunya masyarakat sangat membutuhkan media penunjang untuk mendapatkan informasi tersebut. Selaras dengan kemajuan tekhnologi informasi, berbagai sarana media informasi telah ada dan dapat dibaca oleh masyarakat dewasa ini, baik dari media elektronik atau media cetak. Salah satu media informasi yang dibutuhkan masyarakat itu adalah hadirnya sebuah berita terkini. Sebagai salah satu sarana media informasi, potretbogornews.com diharapkan menjadi jembatan bagi masyarakat dalam mendapatkan ilmu pengetahuan dan sebagainya yang bermanfaat untuk menuju perbaikan pola pemikiran dan pola kehidupan yang lebih baik. 
(oleh : Iwan Setiawan Pimpinan Redaksi potretbogornews.com)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita