HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Diresmikan, Tol BORR Gratis Seminggu

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Sabtu, 31 Mei 2014 | 20.56



Kota Bogor, potretbogornews.com -Penderitaan panjang warga Bogor yang merasakan kemacetan setiap hari akibat pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 2A akan sedikit berakhir. Sebab, mulai hari ini tol ruas Kedunghalang- Kedungbadak akhirnya diresmikan. Masyarakat pun bisa menikmati tol tanpa harus membayar selama satu minggu.


Setelah sempat ditunda, Tol BORR Seksi 2A ruas Kedunghalang- Kedungbadak yang dioperasikan PT Marga Sarana Jabar, salah satu anak perusahaan Jasa Marga, diresmikan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Jumat (30/5). Direktur Teknik PT Marga Sarana Jabar Letnantoro mengatakan, adapun beberapa undangan yang hadir dalam peresmian tersebut, di antaranya pejabat Kementerian PU, anggota DPR dan DPRD, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Walikota Bogor Bima Arya. Pria yang akrab disapa Tori ini mengatakan, perbaikan-perbaikan yang menjadi perhatian penguji tol ini beberapa waktu lalu pun sudah rampung seluruhnya. Tol ini merupakan bagian dari jaringan Tol Sentul-Dramaga IPB atau BORR yang mencapai 11 km. Saat ini Seksi 1 telah beroperasi dari Sentul Selatan-Kedunghalang sepanjang 3,8 km. Sedangkan tol Seksi 2 dari Kedunghalang hingga Simpang Yasmin dengan panjang 4 km yang terdiri dari dua bagian seksi 2A dan 2B. Seksi 3 dari Simpang Yasmin hingga Dramaga sepanjang 3,2 km akan menyusul. Tori mengatakan, Keputusan Menteri Pekerjaan Umum terkait peresmian tol ini sudah keluar pada 28 Mei 2014, sehingga tarif tol sudah dapat ditentukan.

Menurut dia, sistem tarif untuk tol sepanjang 2 km ini menggunakan sistem tarif terbuka. ”Jadi, sama dengan jalan tol dalam kota, jauh dekat sama,” imbuhnya. Meski tarif sudah ditentukan, tol ini masih akan digratiskan satu pekan terhitung sejak diresmikan hari ini. Setelah itu baru tol ini akan dioperasikan secara komersial. ”Nanti akan ada sosialisasi dulu selama satu minggu,” katanya.

Seperti diketahui, pembangunan Jalan Tol BORR Seksi IIA resmi dicanangkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada 3 Desember 2012 lalu. Konstruksi fisik dimulai Agustus 2012 dan direncanakan selesai Desember 2013. Namun, pembangunan mengalami penundaan hingga selesai April 2014.

Setelah selesai jalan tol ini diharapkan dapat beroperasi pada awal 2014 serta dapat mengurai kemacetan di tiga titik rawan, yaitu di Kedunghalang, Jembatan Ciliwung dan underpass perlintasan kereta api. Jalan Tol BORR merupakan penghubung antara Sentul Selatan hingga Dramaga dengan panjang tol 11 Km. Pembangunan jalan tol yang dibagi dalam tiga seksi dilaksanakan secara bertahap.

Seksi I ruas Sentul Selatan- Kedunghalang dengan panjang tol 3,85 Km sudah beroperasi mulai 23 November 2009. Seksi II ruas Kedunghalang-Yasmin dibagi menjadi dua seksi, yakni Seksi IIA Kedunghalang-Kedungbadak 1,95 Km kini sedang dalam proses konstruksi serta Seksi IIB ruas Kedungbadak- Simpang Yasmin 2 Km. Sedangkan Seksi III ruas Simpang Yasmin-Dramaga kini masih dalam proses evaluasi kelayakan. (Em/sm)


Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita