HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Tanamkan Nilai Budaya Seni Sejak Usia Dini

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Jumat, 28 Maret 2014 | 17.35


Sukaraja, potretbogornews.com - Porseni Anak Usia Dini Himpaudi Sukaraja di adakan di Gedung Darmais sukaraja, kamis (27/3) yang mengikuti lomba ini Paud se kecamatan Sukaraja. Jenis lombanya ada10 lomba. Ada lomba Tahfidz kelompok play group, ada Tahfidz kelompok A, kelompok B kemudian ,lomba mewarnai play group, kelompok A, lomba menggambar untuk kelompok B, lomba senam, nyanyi perjuangan, lomba busana daerah, sama lomba Tari daerah. Sekretaris panitia Iha mengatakan, “ Poreni ini yang mengikuti seluruh Paud sekecamatan Sukaraja 63 paud tapi yang daftar 54 Paud. Untuk juri ada dari luar 


Paud Sukaraja, untuk hasil penilaian di umumkan jam setelah jam 12 siang. Juara 1 sampai harapan 3. Dan ini ada sponsor utamanya dari Biolysin. lanjut dia, “ Tujuan di adakannya Porseni ini mengasah kreatifitas kemudian menanamkan nilai – nilai seni budaya tradisional indonesia sejak Usia Dini, dari usia 2 tahun sampai usia 6 tahun apalagi saat ini anak – anak lebih kenal lagu barat, lagu dewasa, lagu pop, sementara akar budaya kita mereka tidak kenal. kegiatan Ini yang ke tiga kali di adakan ”. ungkap Sekretaris panitia.

Tim Juri Lomba Tari Daerah Dira mengatakan, “ lomba tari ini meliputi semua jenis tari nusantara kita menilai dari ekpresinya, kostum, dari gerakan sesuai gerakan, gerakan dari irama. Kalau menurut saya cukup menarik tidak menghilangkan budaya kita anak – anak lebih bersemangat lagi untuk mengenal budaya kita indonesia. Porseni ini cukup lumayan bagus, kedepan di tingkatkan lagi saja tarian nusantaranya khususnya jawa barat ”. Ungkap Juri dari sanggar Widasuara ini.

Sementara Juri Lomba Busana Daerah Pupu dari LPPKS Kab Bogor menjelaskan, Kriteria penilaian di ambil itu dari Ekspresi, gaya penampilan, hanya saya lihat banyak anak – anak belum dalam lomba busana ini mereka belum tampil natural, dalam artian bahwa mereka tampil banyak yang tidak Enjoy. Ekspresi mereka juga kurang maksimal sehingga hanya ada beberepa peserta yang saya lihat, Mereka memang punya bakat dan minat dalam hal catwalk atau peragaan busana, hanya beberapa saja dari 150 peserta hanya 20% yang bisa menguasai apa yang ada di arena lomba ini, sepertinya mereka kurang ada persiapan dari Paud masing – masing. Mereka tidak tahu harus seperti apa bergaya yang benar seperti apa membawakan busana daerah kurang natural, kurang enjoy. 


Dari arena juga kurang bagus ini harusnya arenanya di pagar jadi peserta lomba harus Fokus pada arena lomba. Ini sangat membaur dengan penonton. Tapi saya lihat ada beberapa anak yang tampil natural yang bagus selebihnya memang harus lebih di persiapkan. Mungkin sosilaisasi untuk materi ini dilembaganya di persiapkan dengan maksimal sehingga anak tampil mengerti apa yang di lakukan.

Salah satu guru Paud Melati Rianah, Mudah – mudahan anak – anak berprestasi, apalagi anak anak sekarang untuk lagu kebangsaan ini bagus untuk anak mengenalkan, sekarang ini lagu kebangsaan ini hampir tidak ada kebanyakan lagu dewasa. Mungkin penampilan kita juga tadi sudah bagus. Mereka pun mengenakana pakaian daerahnya masing – masing. Kita dari Paud Melati mengikuti 3 perlombaan, lomba Vokal group, Fashion show, Tahfidz. Harapan saya kedepan, mewakili guru semua pengen panitia itu persiapannya harus lebih matang. (rud/jmil)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita