HEADLINES NEWS :
REDAKSI

Pemkot Bogor Gelar Workshop Mutu Konstruksi

Diposkan Oleh: potretbogornews.com on Jumat, 21 Maret 2014 | 19.44

Kota Bogor, potretbogornews.com - Guna meningkatkan pengawasan proyek kontruksi, Pemerintah Kota Bogor menggelar Workshop Mutu Konstruksi. Workshop diselenggarakan oleh Bagian Pengendalian Program Setdakot Bogor, di Ruang Rapat I Balaikota Bogor, Jalan Juanda 10, Kamis (20/3). 

Workshop diikuti oleh para Pejabat Pelaksana Teknik Kegiatan (PPTK) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di lingkungan Badan, Dinas, dan Kantor di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Para peserta merupakan SKPD yang tergolong non teknis, atau yang lebih mengetahui dan lebih menguasai berbagai ketentuan tentang cara mengelola kegiatan atau proyek konstruksi. 


Dalam sambutan tertulisnya Walikota Bogor Diani Budiarto menyampaikan bahwa setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat dimungkinkan suatu ketika memiliki kegiatan pembangunan fisik, seperti renovasi gedung kantor, perbaikan interior ruang kerja, pembuatan sarana dan prasaraana serta lain sebagainya. 

Sesuai dan peran fungsinya, tugas yang harus dilaksanakan oleh PPK dan PPTK dalam kegiatan pembangunan fisik seperti itu dimulai dari tahap perencanaan, implementasi sampai dengan pelaporan. Semuanya melibatkan proses pengadministrasian dan koordinasi dengan beberapa pihak, termasuk dengan Unit Pengadaan Pelayanan (UPP) dan kontraktor selaku pihak ketiga. 

“Oleh karena itu, demi tertib administrasi dan demi lancarnya kegiatan kontruksi yang dikelola oleh setiap OPD, ada keharusan bagi setiap PPK dan PPTK untuk mengusai aturan main yang berlaku pada kegiatan kontruksi,” kata Diani dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Bogor Arief M. Budiyanto. 

Dengan demikian, para PPK dan PPTK di seluruh OPD non teknis di lingkungan Pemerintah Kota Bogor, “Berdasarkan pemikiran seperti itu, maka para peserta workshop seperti ini dengan konsentrasi yang tinggi. Manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta workshop didalam menjalankan tugas mengelola kegiatan pembangunan kontruksi di lingkungan kerja masing-masing,” harap Diani. 

Sementara itu, ketua penyelenggara Kasubag Administrasi Pengendalian Program dan Bina Program pada Bagian Pengendalian Program Setdakot Bogor Hilman Haerudin menerangkan, “Kita tidak paham bagaimana membuat kontrak yang baik sering kali terjadi persilisihan antara PPK pengawas, pemborong, dan konsultan perencana. Dengan workshop ini kedepannya para PPK dan PPTK Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Non teknis mendapatkan bekal yang cukup untuk kegiatan 2014,” harap Hilman. (Sulastri)
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Berikan Komentar Anda

Terimakasih...

G

LAWAS

 
potretbogornews : Redaksi | potret_bogor@yahoo.com | Facebook | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Copyright © 2011. - All Rights Reserved
potretbogornews.com update berita kita